Inilah Panduan Bagi Warga Kota Surabaya yang Ingin Bepergian, Ada Info Soal Suroboyo Bus, Halte, Hingga Kemacetan Lalu Lintas

137 views
Aplikasi ‘Transportasiku’ memuat banyak informasi yang diperlukan warga kota yang hendak bepergian memakai kendaraan pribadi maupun angkutan umum. (foto: IST)

iniSURABAYA.com – “Selamat pagi, Jelajahi Surabaya mulai dari sini.” Itulah sapaan yang akan muncul saat mengaktifkan aplikasi ‘Transportasiku’.

Aplikasi yang berisi panduan bagi warga Kota Surabaya yang hendak bepergian menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum ini diperkenalkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya akhir Mei silam.

Dalam waktu belum sampai sebulan, Transportasiku yang mulai diujicobakan tepat di Hari Jadi Kota Surabaya ke-726 itu kini sudah diunduh lebih dari 500 orang.  

Melalui aplikasi yang bisa diunduh secara gratis melalui PlayStore ini masyarakat bisa mendapat beragam informasi seperti Suroboyo Bus, mikrolet, halte, terminal, bus kota, lokasi parkir, dan lajur sepeda.

Selain itu juga mengenai lewat ‘Transportasiku’, warga kota juga bisa memantau keadaan lalu lintas melalui CCTV, hingga booking tempat parkir.

Irvan Wahyudrajad, Kepala Dishub Kota Surabaya tak menepis bahwa aplikasi ‘Transportasiku’ terinspirasi dari Singapura yang sebelumnya telah mengembangkan satu aplikasi untuk memberikan pelayanan dalam bidang transportasi dan arus lalu lintas di negaranya.   

“Nanti apkikasi ini (‘Transportasiku’) akan menyamai yang punya Singapura. Kami akan terus kembangkan berdasar review. Kan pasti ada masukan-masukan dari masyarakat,” tegasnya.

Irvan berharap, konsep ‘Transportasiku’ bisa menjadi single application, yaitu satu aplikasi yang bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat hanya dengan sekali klik.  

Diakui Irvan, dari berbagai masukan masyarakat, pihaknya menyempurnakan aplikasi yang sudah ada seperti GOBIS Surabaya Bus, Go-Parkir, maupun E-Dishub.

“Dari berbagai platform itu, kami satukan jadi satu platform yaitu ‘Transportasiku’. Satu aplikasi untuk semua, baik untuk kendaraan pribadi dan angkutan umum serta memantau kondisi arus lalu lintas di Kota Surabaya,” urainya.

Irvan menyatakan, pihaknya mendapat respons positif atas hadirnya ‘Transportasiku’. Dari para pengguna yang sudah memanfaatkan ‘Transportasiku’, Irvan mengaku paling banyak mendapat pertanyaan tentang mengapa aplikasi ini tidak dibuat sejak dulu.

“Awalnya kami kan memang fokus per-layanan, seperti GOBIS, Go-Parkir. Sekarang kami satukan. Diharapkan orang yang berpergian bisa tinggal buka aplikasi ini kalau ingin melihat keadaan jalan dan menggunakan transportasi umum,” imbuhnya. dit

#aplikasi #dishubsurabaya #transportasiku

Posting Terkait