K-Pop dan Drama Korea Jadi Pendorong Masuknya Kuliner Khas Korea ke Indonesia, dari Jajanan hingga Mie Instan

154 views
Setelah K-Pop dan drama Korea, kini produk makanan dan minuman dari Negeri Ginseng turut menyerbu pasar di Indoneia.

iniSURABAYA.com – Penduduk negeri ini tak hanya antusias menikmati K-Pop. Kuliner yang berasal dari Negeri Ginseng ini pun rupanya kian digandrungi.

Untuk kuliner ini, bahkan tak hanya digemari anak muda. Kalangan orangtua pun banyak yang akrab dan menjadi penggemar beraneka ragam santapan dari Korea, khususnya jenis jajanan.

“K-Pop dan drama Korea ikut mendorong tren jajanan Korea ikut masuk Indonesia,” begitu ungkap Choi Dongeun, Assistant Chief Representative Korea Agro-Trade Center, Kamis (20/6/2019).

Ditemui di tengah acara East Food Indonesia 2019 yang digelar di Grand City Convention Centre, Choi Dongeun menyatakan, ada delapan importir makanan dan minuman (mamin) dari Korea yang diajak gabung dalam kegiatan East Food ini.

Para importir kuliner Korea ini, lanjut Choi Dongeun, sudah memiliki jaringan distributor di Indonesia.

“Kalau di Jabodetabek, saat ini mamin sudah cukup populer. Tahun ini, kami kembangkan ke pasar lainnya, termasuk di Surabaya, dan sejumlah kota di Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur,” urainya.

Choi Dongeun menyebutkan bahwa mamin Korea yang paling banyak masuk di Indonesia antara lain makanan ringan, mie instan, minuman dalam kemasan, dan ice cream.

Dia menambahkan, produk terbaru bahan baku jadi seperti saus, sayuran, dan bahan baku khas Korea lain yang siap olah untuk menjadi menu masakan Korea pun mulai banyak yang masuk pasar kuliner Indonesia.

Choi Dongeun mengaku pula bahwa selama ini mamin Korea di Indonesia hanya ada di supermarket-supermarket atau di daerah-daerah yang banyak orang Korea. Konsumsinya juga sebagian besar orang Korea.

“Namun tiga tahun terakhir mulai berubah. Makanan Korea ternyata juga digemari orang Indonesia, sehingga pasarnya makin luas,” katanya.

Lebih lanjut, Choi Dongeun menyatakan tak mematok target khusus di pameran East Food Indonesia ini. “Pameran ini untuk promosi makanan Korea agar makin digemari. Kami hanya memasang target pengunjung yaitu 10.000 orang,” tegasnya. dit

#dramakorea #eastfoodindonesia #koreanfood #kpop #kuliner

Posting Terkait