Pengunjung Pameran #AbstrAction Diminta Pindai Kode QR, Ternyata Ini Maksudnya

493 views
Pameran lukisan #AbstrAction di Galeri Paviliun House of Sampoerna menggunakan e-catalog.

iniSURABAYA.com – Ada yang unik dan berbeda dalam pameran bertajuk #AbstrAction yang digelar selama hampir sebulan di Galeri Paviliun House of Sampoerna Surabaya mulai Jumat (21/6/2019). 

Bukan hanya karena lukisan-lukisan yang dipajang di pameran ini beraliran abstrak dan menggunakan media yang beragam. Tetapi juga hadirnya katalog elektronik yang tak kasat mata dan hanya bisa disimak setelah mengunggah sebuah aplikasi.

Maka tak heran bila ada pengunjung yang sempat bertany,”Kok nggak ada catalog tentang karya lukis yang dipamerkan ya?”

Katalog itu sebetulnya ada, tetapi ‘tersembunyi’. Ketika melewati pintu masuk, pengunjung akan disambut dengan sebuah petunjuk berbentuk persegi yang memuat kode QR bertuliskan e-Katalog #AbstrAction.

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2019/06/pameran-di-house-of-sampoerna-pelukis-abstrak-c5-bali-gunakan-teknik-ngodi-seperti-ini-hasilnya/

Kode QR tersebut jika dipindai melalui aplikasi pemindai kode dari ponsel maka akan muncul katalog elektronik berupa file PDF.

“Di dalam PDF itu pengunjung dapat membaca informasi detil setiap lukisan mulai dari nama lengkap pelukis, judul, media yang digunakan hingga deskripsi mengenai masing-masing lukisan,” kata Ketut Sugantika, Ketua Pameran #AbstrAction.

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2019/06/abstraction-upaya-pelukis-abstrak-dekatkan-budaya-bali-ke-warga-kota-surabaya/

Menurutnya, cara ini sudah lama digunakan di pameran-pameran kesenian yang pernah diadakannya di beberapa kota seperti Bali, Yogyakarta dan Jakarta.

Ditegaskan Sugantika, pemanfaatan teknologi tersebut juga diharapkan bisa membantu mengurangi produksi sampah kertas. Melalui momen pameran lukisan bersama ini, Sugantika dan teman-teman seprofesinya di C5 Bali ingin turut berpartisipasi dalam menggalakkan gerakan ‘paperless’ atau tanpa kertas.

“Dengan e-katalog ini pengunjung nantinya tidak akan kerepotan membawa kertas kesana-kemari. Cuma lihat ponsel, sudah bisa mengakses informasi tentang lukisan di pameran ini,” tutunya. sum

#abstraction #houseofsampoerna #lukisanabstrak #pameranlukisan

Posting Terkait