Restoran Uppercut di Hotel Ini Gunakan Alat Modern untuk Bikin Steak, Hasilnya Daging Jadi Lebih Empuk dan Lumer

255 views

iniSURABAYA.com – Bagi penikmat steak, menu macam Long Bone Rib Eye Tomahawk dan Wagyu 5+ T-Bone tentu sudah tak asing. Tetapi di Uppercut Restaurant di JW Marriott Surabaya, menu tersebut bisa terasa berbeda karena diracik dengan cara yang tak biasa.

Restoran baru di lantai 2 hotel bintang lima ini memang punya alat spesial untuk menghasilkan daging yang lezat dan kekenyalan yang pas saat disantap. Tak hanya itu. Proses yang dilakukan juru masak JW Marriott Surabaya menggunakan alat modern itu pun bisa menciptakan tekstur daging yang lebih empuk, bahan bisa lumer saat dimakan.

Restoran steak house yang mengusung konsep modern contemporer ini memperkenalkan Dry-Aged Beef dan Josper Grill yang diklaim satu-satunya di Surabaya.

Daging disimpang di Dry-Aged Beef

“Daging yang di-dry aged adalah daging yang diawetkan dengan cara dikeringkan dengan garam selama beberapa hari, minggu, atau bahkan berbulan-bulan,” kata Chef Milo Bladazzi.

Menurut Chef Milo Bladazzi, proses pengeringan ini bertujuan untuk melembutkan daging hingga mendapatkan kelezatan dan kekenyalan yang pas.

“Tidak hanya berpengaruh pada tekstur, rasanya pun makin lezat karena air dalam daging menguap sehingga rasa daging makin menonjol,” paparnya.

Sebelum disajikan daging dimasukkan dalam Josper Grill dengan bahan bakar arang.

Saat dicicipi, sepintas akan ditemukan rasa ham sekaligus mencium aroma keju yang menggiurkan. “Pada dasarnya, ini adalah teknik memasak asli yang digunakan oleh masyarakat zaman dulu sebelum zaman millennials seperti sekarang ini,” cetusnya.

Untuk dry-aged itu sendiri, daging harus digantung pada ruangan dengan suhu tertentu dan level kelembaban yang dijaga juga. Proses aging paling efektif dilakukan dalam waktu 7-28 hari.

“Di Uppercut Steakhouse, kami melakukan proses aging mulai 21 hari,” tegas Chef Milo.   

Setelah melalui proses pengawetan yang panjang, daging dry-aged akan di-grill atau dipanggang menggunakan Josper Grill. Josper ini adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan panggangan dry-aged agar lebih optimal. Dan bisa pula digunakan untuk aneka sayur.

“Menggunakan Josper Grill bisa menghemat waktu karena 35 persen lebih cepat dari proses pemanggangan biasa. Daging tidak mudah hangus, tidak menimbulkan abu berlebih, menghemat penggunaan arang, dan dapat menambahkan rasa unik dari tekstur daging itu sendiri,” imbuhnya.

Aneka menu steak di Uppercut kian lengkap dengan Creamed Kale (sayuran hijau yang dimasak dengan cream dan telur), dan Brussel Sprouts (sejenis kol yang ukurannya sangat kecil dengan rasa yang khas).

Selain itu jugaa ada Gnocchi (pasta potato) yang dimasak dengan Truffle Oil, dan Josper Cheese Semola (Simolina yang dimasak dengan oven dan keju parmesan), serta pilihan kentang, seperti french fries, potato mila, dan mess potato.

“Pilihan sausnya pun sangat lengkap, mulai dari mustard demi glace, chimi churri, mushroom truffle, chumber land, dan black pepper,” kata Chef Milo. Sebagai penutup atau dessert, ada pilihan klasik berupa Grandma’s Tiramisu. dit  

#dryagedbeef #jospergrill #jwmarriotthotel #restoranuppercut #steakhouse

Posting Terkait