‘Serukan Benar’, Upaya Naladipha Lawan Ujaran Kebencian dan Kebohongan

166 views

iniSURABAYA | JAKARTA – Maraknya ujaran kebencian dan hoaks membuat anak muda yang tergabung dalam kelompok musik bernama Naladipha menjadi gerah.

Buntutnya, Napadipha yang terdiri dari Sompotan (vokal), Louis (gitar/ vokal), Pandega (drummer), Fabian (guitar) ini pun bikin single yang diberi judul ‘Serukan Benar’.

“Setiap hari kebohongan dan kebencian disebarkan. Kami tak bisa berhenti melakukan sebaliknya, Serukan Benar!” tegas Sompotan, sang vokalis.

Selain itu, menurut Sompotan, mereka juga berusaha melihat kehidupan dari sudut pandang berbeda. “Lewat lagu ini kami mencoba menyentuh pendengar agar lebih peduli dan tidak hanya diam terhadap ketidakadilan di sekitar kita,” katanya.

Lewat lirik dan lagunya, Naladipha yang dalam setiap tampilannya juga dibantu oleh Dicky (bass) ini mengajak pendengarnya untuk lebih peduli terhadap keadaan lingkungan dan sosial di sekitarnya. “Isu-isu sosial yang terjadi saat ini menjadi perhatian utama kami,” tandas Sompotan.  

Ditekankan Sompotan, sejak awal terbentuk pada tahun 2017, band alternatif ini memang selalu ‘bicara’ soal isu-isu sosial. Mereka membawakan lirik-lirik dalam balutan musik yang menghentak.   

Sejak dirilis tepat pada 1 Juni 2019, single ‘Serukan Benar’ sudah bisa dinikmati melalui gerai musik digital seperti iTunes, Spotify, Apple Music, Amazon Music, dan Joox. Video liriknya bisa pula disaksikan di YouTube Naladipha Bermusik.

Proses pembuatan lagu ini memakan waktu yang cukup lama untuk menyatukan karakter setiap alat musiknya. Setelah enam bulan proses kreatif dan menghasilkan beberapa lagu, akhirnya ‘Serukan Benar’ menjadi lagu yang dipilih untuk mewakilkan karakter Naladipha di single perdana sambil menanti EP yang akan dirilis tahun ini. wid

#kelompokmusik #naladipha #serukanbenar #ujarankebencian

Posting Terkait