Waspadai Kulit Anda! Karena Kerusakan Pada Kulit Tak Hanya Terjadi Saat Beraktivitas di Luar Rumah, Begini Penjelasannya

286 views
Meski tidak melakukan aktivitas di luar rumah, penggunaan sun screen tetap disarankan sebanyak tiga kali dalam sehari.

iniSURABAYA.com – Kulit rusak tak hanya karena paparan langsung sinar matahari saat beraktivitas di luar rumah. Yang hanya tinggal di rumah pun ternyata tidak aman dari kemungkinan kerusakan pada kulit.

Saat beraktivitas di dapur misalnya. Panas yang ditimbulkan dari kompor atau asap saat memasak pun bisa menimbulkan kerusakan pada kulit.

“Bahkan ketika di kamar atau dalam ruangan yang berdebu, sangat mungkin debunya menempel pada kulit dan menutupi pori-pori tubuh,” ungkap Dokter Prima Bachrul, dari DNI Clinic Pacarkeling Surabaya.

Ditemui usai prosesi peresmian DNI Clinic kedua di Surabaya, Prima menyatakan bahwa kemungkinan kerusakan kulit akibat debu itu lebih mudah terjadi pada kulit berminyak. “Karena debu lebih mudah menempel, lalu timbul komedo dan lama-lama jadi acne,” paparnya.

Jadi, ditekankan Prima, walaupun tidak beraktivitas di luar rumah, penggunaan sun screen tetap disarankan minimal tiga kali dalam sehari. “Karena efektivitas sun screen selama tiga jam,” tandasnya.   

Prima lalu mengurai tahapan perawatan pakai krim pelindung kulit. Diawali dengan cleansing, yaitu pembersih dalam bentuk toner dan milk cleanser. “Di DNI ada  facial lost yang pemakaiannya sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam,” katanya.  

Pada pagi hari pemakaian facial lost ini dilakukan sebelum aktivitas, dan berikutnya di malam hari sebelum tidur. Sedang untuk proteksi kulit ada cream pagi 1 dan cream pagi 2.

Cream pagi 1 untuk foundation, sedang cream pagi 2 adalah sun block yang berfungsi sebagai pelindung.  Penggunaan cream pagi 2 disarankan dokter Prima dilakukan sebanyak tiga kali yang dimulai pukul 09.00.

“Jika pada pukul 12.00 mau pakai lagi, wajah dibersihkan dulu, bisa memakai air atau milk cleanser,” bebernya.  

Prima mengingatkan pemakaian krim pembersih macam toner tipis saja dan hanya ditepuk-tepukkan pada wajah. “Kalau terlalu banyak malah bikin iritasi karena ada kandungan alkohol,” tegasnya.  dit

#DNIClinic #kesehatankulit #klinikkecantikan

Posting Terkait