AccorHotels Dukung Kesetaraan Gender, Beri Kesempatan Lebih Luas pada Wanita Duduki Posisi GM

496 views

iniSURABAYA.com – AccorHotels jaringan hospitality yang tersebar di seluruh dunia memberi kesempatan pada wanita untuk menempati posisi-posisi strategis. AccorHotels bahkan mematok angka hingga 50 persen jabatan general manager bisa diisi oleh kaum Hawa.

Thomas Evrad, GM Hotel Majapahit Surabaya menegaskan peluang tersebut kian terbuka luas karena AccorHotels setiap tahun menghadirkan hotel baru. “Otomatis setiap tahun perlu GM baru,” tegasnya, Selasa (30/7/2019).

Hadir dalam acara launching RiiSE, program kesetaraan gender di AccorHotels yang diadakan di Poolside Hotel Novotel, Thomas lalu memberi contoh temannya yang membuka usaha spa di Bali.

“Dia tempatkan terapisnya semua laki-laki. Alasannya, laki-laki punya tekanan memijat yang lebih kuat. Dan ternyata tamu memang senang,” paparnya.

Sebaliknya, kata Thomas, driver di spa tersebut yang bertugas menjemput tamu dari bandara adalah wanita. “Ini juga bikin tamu senang,” tegasnya.

Jadi, lanjut Thomas, sebetulnya kesetaraan gender ini tak hanya untuk posisi puncak. “Memang perlu dipertimbangkan apakah driver harus laki-laki? Sekretaris harus perempuan. Kesempatan untuk saling mengisi posisi tertentu inilah yang didorong lewat program RiiSE,” ujar Vivi Anggriani, GM Ibis Surabaya City Center menambahkan.

Karena itu pula, masih kata Vivi, program RiiSE yang sebetulnya diambil dari kata ‘rise’ yang maknanya bersinar ini menggunakan ‘i’ ganda. Sebab, RiiSE melambangkan orang-orang yang berkomitmen pada nilai saling berbagi ilmu pengetahuan, solidaritas, dan bersama-sama memerangi stereotip.

Diakui Vivi, RiiSE ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya, WAAG (Women At Accor Generation) yang sudah berlangsung sejak enam tahun silam. Untuk mendukung program RiiSE, Vivi menegaskan akan ada kegiatan mentoring dari para pimpinan untuk mendorong siapa pun, baik laki-laki maupun perempuan yang punya kemampuan untuk mengisi posisi tertentu.

Sementara Dona Yohanna, GM Novotel Surabaya menyatakan bahwa selama ini perempuan cenderung malu untuk menunjukkan kemampuan diri, sehingga jadi kendala untuk dapat kepercayaan menduduki jabatan lebih tinggi.

“Mereka sebetulnya bisa (jadi GM) tetapi masih sungkan. Semoga program RiiSE ini bisa lebih mengembangkan potensi wanita agar setara dengan pria,” tandasnya.  

Di acara bertema ‘Encourage Each Other to Achieve More’ itu, Chairuddin Langkat, GM Novotel Samator Surabaya Timur berpendapat tak ada yang baru dari program RiiSE. “Isu ini kan sudah dicetuskan sejak jaman Kartini,” ucapnya.

Chairuddin mengakui, program RiiSE lebih merupakan deklarasi penerimaan dunia, khususnya di AccorHotels atas kesetaraan gender tersebut.

“Ini merupakan kesempatan bagus. Terbuka lebar bagi mereka yang ingin mengembangkan potensinya. Tetapi tentu harus tetap berdasar aturan, kemampuan, dan bisa menunjukkan inisiatif,” paparnya. dit

#accorhotels #kesetaraangender #novotelsurabaya

Posting Terkait