Bertekad ‘Nol Insiden’, Grab Kenalkan Fitur Baru untuk Keselamatan Penumpang

379 views
Dede Sadeli, City Manager Grab Surabaya (tengah) sedang menunjukkan penggunaan fitur keselamatan di aplikasi Grab.

iniSURABAYA.com – Grab, aplikasi ojek online terus melakukan inovasi untuk kenyamanan dan keamanan baik bagi pengguna maupun driver-nya. Yang terbaru adalah merilis lima fitur keselamatan sekaligus.

Fitur keselamatan terbaru Grab itu adalah penyamaran nomor telepon pemanggil (Number Masking). Melalui fitur ini, Grab akan menggunakan nomor telepon virtual dalam setiap perjalanan yang dilakukan melalui aplikasi, sehingga mitra pengemudi dan penumpang tidak akan memiliki akses kepada nomor telepon pribadi masing-masing.

“Fitur ini telah diluncurkan untuk seluruh layanan transportasi Grab di seluruh Indonesia,” kata   Dede Sadeli, City Manager Grab Surabaya, Kamis (18/7/2019).

Hadir dalam acara ‘Safety Roadshow’ yang digelar Grab di Hotel Novotel Samator Surabaya, Dede Sadeli menambahkan, fitur baru lainnya yaitu Free Call (VoIP).

Selain itu, penumpang dan pengemudi kini dapat memilih ‘Free Call’ yang akan memberikan panggilan gratis dalam aplikasi Grab. “Fitur ini juga memberikan kemudahan komunikasi setelah penumpang memesan kendaraan,” tuturnya.

Fitur keselamatan lainnya adalah pengenalan wajah pelanggan maupun pengemudi melalui Swafoto. Penumpang yang tergabung dalam Grab untuk pertama kalinya harus melakukan verifikasi wajah secara langsung sebagai bentuk identifikasi sebelum mereka memesan kendaraan mereka untuk pertama kalinya.

“Pengemudi juga wajib melakukan verifikasi wajah secara berkala untuk dapat masuk ke dalam aplikasi mereka,” tegas Dede.

Yang juga baru adalah adanya tombol darurat (SOS Button). Fitur ini memungkinkan penumpang untuk mendaftarkan tiga kontak darurat dalam aplikasi Grab.

Bila terjadi keadaan darurat saat melakukan perjalanan bersama Grab, penumpang dapat menekan tombol ‘Darurat’ dan sistem Grab secara otomatis mengirimkan pesan peringatan kepada kontak darurat yang sudah didaftarkan sebelumnya atau memberikan notifikasi kepada tim Customer Experience Grab yang segera menghubungi penumpang.

Juga ada fitur bagikan lokasi perjalanan (Share My Ride). Melalui fitur ini, penumpang dapat membagikan tautan yang terhubung pada perjalanannya bersama Grab kepada orang-orang terdekat yang dapat dipantau secara real-time.

Menurut Dede, hadirnya fitur baru tersebut merupakan bagian dari Roadmap Teknologi Keselamatan untuk mencapai nol insiden. “Fitur ini demi menjaga agar mitra pengemudi terutama perempuan lebih dilindungi,” tandasnya.

#aplikasiojekonline #fiturkeselamatan #grab

Posting Terkait