Didukung Neural Machine Translation, Fitur di Google Translate Bisa Kurangi Kesalahan Hampir 60 %

469 views
Hanya dengan mengarahkan kamera gawai maka otomatis muncul terjemahan dari bahasa yang tidak kita pahami saat berkunjung di sebuah negara.

iniSURABAYA.com – Saat bepergian ke luar negeri, terutama di wilayah dengan beragam bahasa, mungkin akan sulit bagi seseorang untuk menentukan bahasa apa yang perlu diterjemahkan.

Untuk masalah seperti ini Google Translate punya solusinya. Dalam versi terbaru aplikasi seluler Google Translate, pengguna gawai dapat memilih ‘Detect Language’ sebagai bahasa sumber dan aplikasi Google Translate secara otomatis mendeteksi bahasa tersebut dan menerjemahkannya.

Jadi misal sedang bepergian melalui Amerika Selatan, yang menggunakan Bahasa Portugis dan Spanyol, di gawai akan muncul sebuah tanda. Google Translate dapat menentukan bahasa apa yang masuk, lalu menerjemahkannya ke dalam bahasa yang dipilih. 

Untuk pertama kalinya, teknologi Neural Machine Translation (NMT) dibuat menjadi terjemahan kamera instan.

Hal ini menghasilkan ​terjemahan yang lebih akurat ​dan alami, mengurangi kesalahan 55-58 persen pada bahasa tertentu. Dan sebagian besar bahasa dapat diunduh ke perangkat seluler, sehingga pengguna dapat memanfaatkan fitur ini tanpa koneksi internet.

Namun, ketika perangkat terhubung ke internet, fitur akan menggunakan koneksi tersebut untuk menghasilkan terjemahan dengan kualitas lebih baik. 

Ada 3 Fitur di Tampilan Baru   
Yang tidak kalah pentingnya, fitur ini memiliki tampilan baru dan lebih intuitif untuk digunakan. Sebelumnya, pengguna gawai mungkin memperhatikan teks yang diterjemahkan akan berkedip ketika dilihat di ponsel, sehingga sulit dibaca.

Google Translate mengurangi kelemahan itu, membuat teks lebih stabil dan mudah dipahami. Tampilan baru memiliki tiga fitur terjemahan kamera yang berlokasi di bagian bawah aplikasi Google Translate:
‘Instan’ menerjemahkan teks asing ketika pengguna mengarahkan kamera ke arah sana.
‘Scan’ memungkinkan pemakai seluler mengambil foto dan menggunakan jari untuk menyorot teks yang ingin diterjemahkan.
Dan ‘Impor’ yang memungkinkan pengguna selule menerjemahkan teks dari foto pada rol kamera. dit

Posting Terkait