Lestarikan Seni Wayang dan Dongeng, Rotary Club Surabaya Kaliasin Undang Anak-Anak ke Hotel Mercure

580 views
Pendongeng Pak Gentong dan Lik Tobi sedang menyampaikan cerita tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan di acara Hari Anak Nasional yang diadakan Rotary Club Surabaya Kaliasin di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.

iniSURABAYA.com – Minggu (21/7/2019) siang itu enam ekor buaya mendadak muncul di Jakarta Room di lantai 5 Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Enam buaya warna hijau tersebut lalu menyerang seorang pengusaha kayu yang sudah menghabiskan pohon-pohon di hutan hingga membuat sungai tempat tinggal buaya menjadi kering.

Aksi enam ekor buaya ini dibawakan dengan sangat dramatis oleh anak-anak dari Sanggar Prastika dalam acara peringatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Rotary Club Surabaya Kaliasin. Adegan yang dilakukan anak-anak berkostum buaya itu merangkai dongeng yang disampaikan dalang Pak Gentong dibantu Lik Tobi di panggung.   

Cara mendongeng yang dilakukan Pak Gentong dan Lik Tobi ini memang cukup unik karena memadukan aksi teatrikal dan wayang. Selain itu juga didukung alat musik sederhana yang juga dimainkan oleh anak-anak.

Wayang rupanya menjadi sentra kegiatan peringatan Hari Anak Nasional tersebut. Sebelumnya juga disajikan lomba membuat wayang dari bahan daur ulang.

Kertas sebagai bahan utama wayang berasal dari beragam jenis, seperti kertas bekas kalender atau kardus minuman. Untuk mewarnai wayang digunakan spidol.

Potongan-potongan bagian wayang itu dirangkai dengan benang. Selain itu juga digunakan bilah bambu agar wayang bisa berdiri tegak. Hasilnya, adalah tokoh-tokoh pewayangan macam Nakula dan Arjuna.

“Kegiatan ini sebagai upaya melestarikan seni wayang pada anak-anak agar tidak hanya mengenal gawai. Di era digital ini, mereka juga harus mengenal wayang,” tegas Muchammad Zamroni, Presiden Tunas Hijau yang turut ambil bagian dalam acara tersebut.

Pernyataan senada dilontarkan Etty A Soraya, President Rotary Club Surabaya Kaliasin. Diakui Etty, di jaman yang makin modern ini anak-anak makin asing dengan dongeng dan wayang.

Karena itu, pihaknya memadukan keduanya dalam satu momen peringatan Hari Anak dengan tema ‘Mengangkat Dongeng Nusantara dan Permainan Wayang’.   

“Ini bentuk kontribusi kami dalam melestarikan kekayaan nilai asli negeri ini. Indonesia kan dikenal beraneka budaya, termasuk seni wayang ini,” paparnya. dit

#harianaknasional #hotelmercuregrandmirama #mendongeng #rotaryclubsurabayakaliasin

Posting Terkait