Nama Jalan di Kota Surabaya Akan Ada Perubahan, Apakah Alamat Rumah Anda Termasuk? Simak di Sini

99 views

iniSURABAYA.com – Warga Surabaya perlu waspada jika ingin menuju alamat tertentu. Sebab, Pemkot Surabaya baru saja memutuskan penggantian nama lima jalan di Surabaya.

sekitar setahun lalu juga ada perubahan nama jalan yaitu, Jalan Gunungsari diubah jadi Jalan Prabu Siliwangi, dan Jalan Dinoyo diganti jadi Jalan Sunda. Tahun ini akan ada lima nama jalan yang diganti.

Pemkot memberi nama Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) dengan Jalan Dr Muhammad Hatta. Jalan di sebelah timur Darmo Park bakal diberi nama Jalan Dr KH Idham Khalid.

Jalan baru sebelah timur dekat Stadion Bung Tomo bakal diberi nama Jalan Bung Tomo. Keputusan itu membuat nama Jalan Bung Tomo yang saat ini ada di kawasan Ngagel diubah jadi Jalan Kencana.

Selain itu, Jalan Singapore bakal jadi Jalan Abdul Wahab. Jalan Menganti bakal diganti menjadi Jalan Komjen Pol M. Jasin. Sedang jalan di segi delapan Puncak Permai juga bakal dinamai dengan nama pahlawan, yakni Jalan Pangeran Antasari, Hasanuddin, dan Cut Nyak Dhien.

Menurut Chalid Bukhori, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya, pihaknya sudah membuat Surat Edaran bernomor 020/10946/436.75/2019 terkait perubahan nama jalan di Kota Surabaya tersebut.

“Tetapi saat ini perubahan nama jalan itu masih dalam tahap sosialisasi,” tegasnya.  

Ditekankan Chalid Bukhori, sebagaimana Perda 7 tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Nama Jalan dan Sarana Umum, disebutkan bahwa untuk pemberian maupun perubahan nama jalan arteri harus mendapat persetujuan dari DPRD Surabaya.

Chalid Bukhori optimistis pengajuan usulan raperda pemberian dan perubahan nama jalan itu bisa selesai dibahas sebelum masa tugas anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 berakhir pada bulan Agustus mendatang.

Yang terpenting, lanjut Chalid, terkait pemberian dan perubahan nama jalan itu adalah mengantisipasi dampaknya terhadap administrasi kependudukan warga setempat. “Kami sudah melakukan pendataan berapa warga yang akan mengurus administrasi perubahan nama jalan itu,” ujarnya.

Sementara Khusnul Khotimah, mantan Ketua Pansus Perda Penamaan Jalan mengingatkan dampak perubahan nama jalan itu tak hanya menyangkut KTP. “Banyak lainnya yang terkait perubahan ini, seperti SIM, STNK, BPJS, rekening bank, dan lain-lain,” cetusnya. dit

#kotaSurabaya #namajalan

Posting Terkait