Pengerjaan Basement Alun-Alun Surabaya Dimulai, Waspadai Pengalihan Arus di Pusat Kota Mulai Senin Pagi Ini

339 views

iniSURABAYA.com – Warga Kota Surabaya yang akan  melintas ke pusat kota perlu mewaspadai area yang akan dilewati agar tidak terjebak kemacetan. Sebab, mulai Senin (1/7/2019) ini, Jl Yos Sudarso akan ditutup baik dari arah Jl Gubernur Suryo maupun dari Jl Pemuda.

Informasi yang diperoleh iniSurabaya.com menyatakan penutupan dilakukan secara bertahap. Pada Senin-Selasa (1-2/7/2019) dilakukan penutupan jalur sebelah barat Jl Yos Sudarso sehingga kendaraan dari Jl Gubernur Suryo dilarang menuju Jl Yos Sudarso.

Berikutnya pada Rabu-Kamis (3-4/7/2019), dilakukan penutupan Jl Yos Sudarso sisi timur sehingga kendaraan dari Jl Pemuda menuju Jl Yos Sudarso akan dialihkan.

“Penutupan Jalan Yos Sudarso ini dilakukan untuk persiapan pembangunan basement Alun-Alun Surabaya,” kata Iman Krestian, Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya.

Menurut Iman, Pemkot Surabaya akan memulai pembangunan basement Alun-Alun Kota Surabaya yang terintegrasi dengan Balai Pemuda. Selama pengerjaan ruang bawah tanah itu, Jl Yos Sudarso akan ditutup sementara bagi semua kendaraan.

“Setidaknya selama enam bulan masyarakat tidak bisa melewati jalan ini,” tegasnya.

Iman mengungkapkan pula bahwa, dalam waktu empat hari itu akan dilakukan penggalian tanah terlebih dulu. Penggalian itu dilakukan untuk mengetahui jaringan yang tertanam di kawasan tersebut, khususnya jaringan fiber optik dan utilitas lainnya, seperti PGN dan PDAM.  

Ditekankan Iman, laporan awal mengenai jaringan tersebut sudah ada. Tetapi belum mencukupi untuk memastikan di titik mana letak jaringan-jaringan yang tertanam.  

Setelah posisi jaringan terpetakan, lanjut Iman, pihaknya akan melakukan komunikasi dengan vendor, terutama untuk pengalihan jaringan. “Proses pengalihan jaringan diperlukan waktu sekitar dua minggu. Setelah itu, Jl Yos Sudarso akan ditutup total selama enam bulan untuk pembuatan pondasi dan basement baru bisa dilakukan,” urainya. dit

#alunalunSurabaya #basementalunalun #kotaSurabaya

Posting Terkait