Peserta Kreatifood Expo 2019 Meningkat, Yustinus Agung : Makin Banyak Pelaku Kuliner Sadari Pentingnya Memperbaiki Produk dan Kemasan

555 views
Peserta Kreatifood Expo 2019 di Ciputra World Surabaya mengalami peningkatan dari sebelumnya. Kegiatan ini diharapkan bisa jadi jembatan bagi starup kuliner dengan kanal distribusi dan pemasaran produk.

iniSURABAYA.com – Sebanyak 144 pelaku kreatif di bidang kuliner gabung dalam acara Kreatifood Expo yang berlangsung di Ciputra World Surabaya selama tiga hari, Jumat-Minggu (12-14/7/2019).

Kegiatan yang digelar oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ini diikuti peserta dari berbaga daerah seperti Surabaya, Malang, Yogyakarta, Bandung dan Purbalingga.

Menurut Yuana Rochma Astuti, Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Kreatifood Expo digelar di Surabaya, karena ibu kota Jatim ini memiliki potensi terbesar kedua setelah Jakarta.

Yuana menyatakan, event tersebut bertujuan meningkatkan pemasaran subsektor kuliner dengan menghubungkan perusahaan rintisan (startup) kuliner dengan kanal distribusi dan pemasaran produk serta meningkatkan peluang investasi baru dari sisi permodalan non-perbankan.

Penyelenggaraan Kreatifood tahun ini diawali dengan sosialisasi di 10 kota untuk menarik para pelaku usaha kuliner berpartisipasi. Para pelaku kreatif yang terpilih, diseleksi melalui program Kreatifood dan Food Startup Indonesia.

“Pada event itu mereka bisa berinteraksi dengan distributor, reseller dan investor untuk membuka akses permasaran,” kata Yuana.

Diakui Yuana, jumlah peserta Kreatifood Expo 2019 naik dibandingkan sebelumnya yang diikuti 100 pelaku kreatif. Berbeda dari tahun sebelumnya, Kreatifood Expo tahun ini dikategorikan dalam beberapa zona, yaitu ready to eat, ready to drink, food service dan food ingredients.

Yustinus Agung, Ketua Perkumpulan Food Startup Indonesia (FSI), mengatakan event tersebut diharapkan mampu membuka peluang usaha sebesar-besarnya bagi startup di bidang kuliner untuk berkembang dan maju.

“Banyak pelaku kreatif di bidang kuliner yang makin menyadari pentingnya memperbaiki produk, kemasan dan pemasaran,” ujarnya.

Program tersebut menarik minat startup dari seluruh Indonesia. Penyelenggaraan Kreatifood 2018 di 10 kota besar di Indonesia telah berhasil mempertemukan ratusan distributor dengan Food Startup Indonesia yang bergabung di Kreatifood dan membukukan transaksi lebih dari Rp 1 miliar selama acara berlangsung.

Diharapkan, event kali ini akan menghasilkan transaksi lebih besar dan lebih banyak startup terkoneksi dengan distributor.

Bermacam jenis kuliner disuguhkan para pelaku kreatif dengan kemasan menarik dan rasa yang enak, di antaranya seblak, kripik kentang, kripik coklat, rengginang, home made risoles, abon sambal dan kopi hijau jahe. dit

#ciputraworldsurabaya #kreatifoodexpo #startup

Posting Terkait