‘Mahata’, Koleksi Gres Ria Miranda di Gerai Sogo Departement Store Ini Hadirkan Organ Tubuh, Seperti Ini Wujudnya

263 views

iniSURABAYA.com – Apa hubungannya kesehatan dengan gaya busana? Desainer muda Ria Miranda menjawabnya lewat karya terbarunya yang diberi title ‘Mahata’.

Kata yang bukan tanpa makna. Karena ‘Mahata’ ini menurut Ria Miranda adalah singkatan dari mata, hati, dan telinga. Dan rancangan terbarunya ini dibuat sebagai ungkapan syukur pada kesehatan anggota tubuh tersebut.

Koleksi terbaru Ria Miranda itu melenggang di lantai 3 Sogo Departement Store Tunjungan Plaza Surabaya, Sabtu (3/8/2019).

“Rancangan ini terinspirasi dari kaitannya lifestyle, gaya hidup, dengan kesehatan, pola hidup sehat,” tutur Ria Miranda kepada iniSurabaya.com.

Ditemui usai acara peragaan koleksi busana ‘Mahata’, Ria Miranda menyatakan,“Saya ingin bikin koleksi yang berhubungan dengan mensyukuri kesehatan. Kalau kita sakit selalu berdoa minta disembuhkan. Tetapi ketika sehat malah lupa bersyukur dan menjaganya.”  

Koleksi ‘Mahata’ ini diakui Ria Miranda sangat spesial, karena tidak dibuat sembarangan. “Ada risetnya dengan beberapa dokter,” ujarnya.

Kesulitan yang dia hadapi adalah membuat visual agar hasilnya tidak jadi menyeramkan. “Saya tak ingin secara vulgar menampilkan organ tubuh,” imbuhnya.

Karena itu, Ria mengajak ilustrator untuk membuat visualnya. “Perlu waktu cukup panjang karena awalnya agak takut hasilnya malah bikin takut orang untuk pakai,” ungkap pemilik nama asli Indria Miranda ini.

Ria Miranda berusaha keras agar ketiga organ tubuh yang dalam angannya itu benar-benar bisa ditampilkan dalam rancangannya. “Intinya adalah bagaimana membuatnya jadi sebuah pattern dan menjadi style Ria Miranda,” tuturnya.

Lantaran ingin menghasilkan sebuah karya yang sempurna itu pula membuat desain ilustrasi organ bolak-balik itu dirombak hingga memakan waktu persiapan selama setahun.

Tak hanya menambahkan bentuk-bentuk bunga, Ria juga memodifikasi bentuk organ hingga menyerupai wujud yang berbeda.

’’Ada yang bentuk gendang telinga itu aku buat jadi empat biar seperti bunga dengan empat kelopak,’’ urai perempuan kelahiran 1985 tersebut.

Trik yang sama diaplikasikan pula untuk bola mata pada salah satu desain bagian atasan. Untuk organ jantung, Ria menambahkan sulur di sisi-sisinya sehingga lebih menyerupai bentuk ‘love’.  

Jika ditilik seksama, sulur-sulur bunga pada salah satu karya Ria lebih mirip seperti pembuluh darah. Meski, di ujungnya, ada bunga-bunga yang disematkan. “Corak bunga masih disisipkan karena masih digemari,” tandasnya.

Selain itu, bunga jadi trik kamuflase yang digunakan Ria agar tak terlalu vulgar. “Tantangan utamanya memang bagaimana biar nggak terlalu mencolok organnya gitu,” kata Ria.

Semua koleksi ‘Mahata’ ini dominan warna pastel. “Ini juga agar tidak mencolok seperti misal kalau pakai warna merah gitu, malah jadi ngeri,” celetuknya sambil tertawa. dit

#desainer #dokter #koleksimahata #riamiranda #sogodepartementstore

Posting Terkait