Scoring ‘Gundala’ Sama Sekali Tidak Ada yang Berkesan, Keunggulannya Hanya Pada Ical Tanjung! (4-Habis)

84 views

Catatan Redaksi : Film ‘Gundala’ garapan sutradra Joko Anwar diperani Abimana Aryasatya sebagai tokoh sentral sang superhero. Di bagian akhir tulisan mengenai film garapan Bumi Langit Studio dan Screenplay Films ini, Ahmad Amor Yunani menegaskan bahwa keunggulan film ‘Gundala’ sebetulnya ada di tangan Ical Tanjung. Berikut catatannya mengenai cinematographer yang mengantongi sederet prestasi tersebut.

iniSURABAYA.com – Abimana bukanlah aktor laga, kabarnya abimana memakai peran pengganti dalam aksinya melawan penjahat. Begitu pula Joko Anwar (Jokan) juga bukan sutradara film laga.

Kegugupan Jokan menciptkan aksi laga sepertinya tidak dijawab sempurna oleh Cecep kawannya Yayan Ruhian. Koreografer pertarungan di beberapa adegan sangat intens dan seru. Tetapi kenapa saat pertarungan terakhir, ketika Gundala harus melawan begitu banyak petarung profesional, malah melempem?

Pertarungan yang seharusnya pamungkas malah seperti keroyokan nggak jelas. Dan please deh mereka itu siapa, siapa villain-villain itu? Nggak bisakah Jokan mengenalkan mereka dengan gaya komik pake tulisan dan nickname gitu? Macam ‘Deadpool’ mengenalkan timnya atau dengan cara seperti villain-villain di ‘The Raid 2’ dikenalkan?

Yang penting perkenalkan mereka! Begitu nggak pentingnya kah mereka, atau memang sebenarnya nggak penting.

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2019/09/gundala-penantian-panjang-sebuah-film-superhero-yang-dijawab-dengan-buru-buru-oleh-joko-anwar-1/

Tetapi, kembali lagi, akting Abimana sangat bagus menjadi Sancaka. Sudah itu aja. 

Keunggulan film ‘Gundala’ sebetulnya ada di tangan Ical Tanjung, cinematographer ‘Gundala’, langganan Jokan sejak ‘A Copy of My Mind’ (2015). Ical tanjung adalah pemenang Cinematographer Terbaik FFI dalam film ‘Pengabdi Setan’ (2017), dan ‘May’ (2008). Ical sepertinya tahu banget bagaimana menangkap momen-momen tiap adegan dengan sangat keren. 

Sayangnya Ical tidak didukung oleh editor film yang mumpuni, yang tidak malas mengedit stock scene.

Kadang tiap adegan seperti terlambat dan kurang pas. Padahal film laga membutuhkan editor yang rajin, karena biasanya pergerakan kamera berubah-ubah, apalagi saat adegan fighting. 

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2019/09/joko-anwar-digelontor-rp-30-m-untuk-apa-budget-sebesar-itu-hanya-untuk-gundala-atau-buat-hadirkan-superhero-lain-2/

Dan satu lagi keunggulan film ini adalah akting para aktor cilik. Jokan berhasil menemukan aktor cilik yang berbakat. Apalagi didukung skenario yang pas.

Dari mulai tokoh Sancaka kecil, Awang kecil dan Pengkor kecil. Akting mereka cukup memukau. Hanya saja kenapa Jokan tidak memaksimalkan scene-scene mereka. Mungkin memang harus berbagi dengan scene-scene yang lain. Tetapi …  ah ya sudahlah. 

Salah satu kelemahan terbesar ‘Gundala’ adalah scoring. Tiap scoring yang ada sama sekali tidak berkesan. Bahkan ada adegan pertarungan yang hanya menggunakan drum dan perkusi. Apa-apaan ini?

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2019/09/gundala-dua-jam-saksikan-superhero-indonesia-tanpa-greget-joko-anwar-terlalu-sibuk-memoles-adegan/

Saya dibuat bingung dengan pembuat scoring film ini. Di penghujung credit title, saya menemukan ada puluhan lagu bagus yang diperdengarkan secara sekilas. Saya penasaran kenapa mereka tidak memakai score dengan lagu-lagu ini, keren-keren lho.

Bahkan ada lagu dengan lirik patriotik ‘Gundala’. Kenapa tidak dipakai saat pertarungan ‘Gundala’ melawan musuh-musuhnya?

Seru seharusnya. Macam ‘Iron Man’ muncul dengan lagu AC/DC atau pertarungan ‘The Comedian’ di opening scene ‘Watchmen’ (2009) dengan lagu ‘Unforgettable’ yang seloow. 

Overall, sama sekali tak ada yang berkesan. Sepulang dari menonton mungkin sudah lupa kalau habis menonton ‘Gundala’. Penantian panjang yang mengecewakan.   

Selebihnya skor 5/10. Saya rasa cukup adil untuk ‘Gundala’. Di bawah sedikit dari ‘Satan Slave’, dan di bawah jauh dari ‘Modus Anomali’. (habis)

#bumilangitstudio #gundalathemovie #jokoanwar #screenplayfilms #superhero

Posting Terkait