Gandeng 30 Kolektor, Kibas Hadirkan Cara Menyimak Keistimewaan Batik di Galeri Paviliun House of Sampoerna

75 views
House of Sampoerna bersama Komunitas Batik Jawa Timur menggelar pameran bertajuk ‘Batik Kesayangan’. Pameran kali ini lebih menonjolkan sejarah di balik selembar batik sebagai warisan Nusantara.

iniSURABAYA.com – Ada yang berbeda di pameran batik yang digelar House of Sampoerna bersama Komunitas Batik Jawa Timur (Kibas) selama sebulan mulai Kamis (17/10/2019).

Pameran ragam batik Nusantara yang diselenggarakan di Galeri Paviliun House of Sampoerna ini untuk memperingati 10 tahun perjalanan Kibas itu menggandeng 30 kolektor batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Lintu, Ketua Kibas, ekshibisi ke 10 ini tidak hanya mengenalkan tentang batik tetapi nilai dan kesan yang terkandung bagi pemiliknya. 

“Konsep ini tidak hanya mengedukasi tentang ragam dan motif batik, tetapi dikemas dengan berbeda dengan mengajak kolektor mengenalkan batik koleksi pribadinya selanjutnya bagaimana mereka menilainya sangat istimewa,” begitu paparnya. 

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2019/10/batik-kesayangan-ada-batik-berumur-100-tahun-koleksi-bupati-pamekasan-di-house-of-sampoerna/

Sejak pertama kali bekerjasama dengan Kibas pada tahun 2010, Galeri Paviliun House of Sampoerna tidak berhenti mengedukasi masyarakat luas tentang berbagai ragam dan motif batik di Jawa Timur.

Pada pameran kali ini, diharapkan dapat menunjukkan nilai lebih selain nilai ekonomis dari kain batik itu sendiri. Latar belakang kepemilikan koleksi menjadi lebih berharga bagi para kolektor.

“Harapannya bahwa batik lebih populer dan disayangi oleh generasi jaman sekarang untuk perkembangan selanjutnya. Banyak cerita lucu, dan mengharukan akan muncul pada pameran kali ini,” ungkap Lintu.

Sementara Rani Anggraini, Manager House of Sampoerna berharap masyarakat semakin menghargai koleksi batik yang dimiliki. Selain sebagai warisan budaya, batik sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan memiliki makna lebih bagi setiap pemiliknya.

“Semoga pameran ini juga menjadi penyemangat bagi para pembatik untuk terus berinovasi dan bagi pecinta batik dapat terus ikut serta melestarikan batik sebagai warisan kain nusantara,” tegasnya. dit

#batikkesayangan #houseofsampoerna #kibas #pameranbatik

Posting Terkait