‘Wilwatikta Spektakonser’, Upaya Kembalikan Pamor Candra Wilwatikta Sebagai Pusat Destinasi Wisata Budaya

174 views
Heru Tjahjono, Sekretaris Daerah Provinsi Jatim. (kaos hitam tengah) bersama para musisi dan penyanyi pendukung Bank Jatim Wilwatikta Spektakonser.

iniSURABAYA.com – Pemprov Jawa Timur bertekad mengembalikan pamor Taman Budaya Candra Wilwatika, Pandaan, Pasuruan yang di era 1986an sempat dikenal sebagai destinasi budaya Jawa Timur.

Langkah awal yang dilakukan adalah menggeber pentas akbar yang diberi tajuk ‘Bank Jatim Wilwatikta Spektakonser’. Tak tanggung-tanggung, acara menampilkan sederet musisi dan penyanyi papan atas Tanah Air ini digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (16-17/11/2019).  

Musisi dan penyanyi beragam genre yang dijadwalkan tampil adalah Slank, Indra Lesmana Projects (ILP), Dewa Budjana, Syaharani and Queen Fireworks, dan Sandy Sondoro.

Juga ada Elpamas, Idang Rasjidi Syndicate, Dewa Budjana ‘Mahandini’ feat Soimah, serta Jamrud. Selain itu ada pula gelaran kesenian tradisional macam Ludruk Kartolo cs dan Ludruk Kirun.   

Di tengah konser musik, penonton bakal disuguhi sisipan tayangan cerita singkat tentang hikayat kejayaan Kerajaan Majapahit. “Tahun 1986-an tempat itu jadi pusat kegiatan sendratari Ramayana setiap tahun. Tetapi, sayangnya belakangan makin menghilang,” papar Heru Tjahjono, Sekretaris Daerah Provinsi Jatim.

Menurut Heru, upaya untuk mengembalika Candra Wilwatikta sebagai destinasi turis Jatim ini dimulai dengan kegiatan renovasi di beberapa bagian taman budaya tersebut.

“Kondisinya kami sesuaikan kekinian agar bisa menarik perhatian anak muda milenial,” imbuhnya.  

Mengenai konsep musik yang disajikan pun, Heru mengakui banyak mengakomodasi selera anak muda milenial, khususnya masyarakat Jatim yang dominan suka musik rock.  

Tetapi, Heru menekankan, pihaknya tak ingin terpaku pada satu jenis musik tertentu. “Semula malah kami ingin ada kolaborasi kidungan Kartolo dengan musik rap. Tetapi, karena waktu persiapan yang mepet, konsep ini kami simpan untuk pertunjukan tahun depan,” katanya.

Sementara Gagah Wibowo, dari JW Entertaintment selaku promotor acara ini mengatakan bahwa dipilihnya Taman Candra Wilwatikta bukan tanpa alasan. Selain lokasi yang eksotis, karena berlatar belakang Gunung Penanggungan juga dimaksudkan untuk mempromosikan taman budaya ini sebagai destinasi wisata di Jatim, khususnya Pandaan.

JW Entertaintment selaku promotor bekerjasama dengan Bank Jatim dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menegaskan tidak akan main-main dengan event yang rencananya bakal dijadikan agenda tahunan ini.

“Tidak hanya berisi kegiatan hiburan, namun juga sarat pesan sejarah dan aktivitas yang mendorong laju pertumbuhan usaha mikro di daerah ini (Jatim),” bebernya. dit

#candrawilwatikta #indralesmana #slank #Syaharani #wilwatiktaspektakonser

Posting Terkait