Dika ‘Ada Band’ Kenalkan Yoga Warisan Nusantara, Padukan Gerakan Senam, Silat, dan Seni Tari

264 views
Suriandika Satjadibrata (tengah) menciptakan gerakan Yogamarta untuk kesehatan dan sekaligus penyembuhan diri sendiri.

iniSURABAYA.com – Indonesia ternyata memiliki warisan seni olah tubuh yang mirip yoga. Manfaatnya pun tak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga untuk pengobatan diri sendiri.

Uniknya yang mengulik ‘yoga’ warisan raja-raja Nusantara ini adalah musisi Suriandika Satjadibrata. Setelah melakukan riset selama delapan tahun, basis Ada Band ini kemudian memproklamirkan Yogamarta, seni olah tubuh yang memadukan gerakan senam, silat dan seni tari.

Pria yang akrab disapa Dika ini menyatakan Yogamarta berasal dari ‘amarta’ yang memiliki arti ‘air kehidupan’. “Lebih dari 70 persen bagian tubuh manusia kan terdiri dari air,” ujarnya ketika ditemui di Resto Nine Surabaya, Jumat (17/1/2020).

Menurut Dika, dasar dari gerakan Yogamarta ini adalah tarian Jawa yang memang warisan Nusantara. “Yogamarta mengabungkan gerakan olah tubuh dan olah pernapasan,” paparnya.  

Yogamarta memiliki 23 gerakan yang dibagi dalam lima fase, yakni fase buka napas,fase senam,fase jurus,fase baju besi, dan fase tutup napas.

“Yogamarta memiliki beberapa tingkatan level yang dapat diikuti oleh semua orang dari usia 6 tahun sampai 60 tahun, dimulai dengan level yang paling basic,” ungkap pria berdarah Gorontalo dan Sunda ini.

Ditekankan Dika, jika mengikuti Yogamarta, kondisi tubuh lebih fresh seperti terlahir kembali. “Tubuh makin sehat dan bugar. Setelah melakukan Yogamarta, bisa menikmati makanan sepuasnya atau beraktivitas menyalurkan hobi yang disukai tanpa memberikan efek buruk bagi kesehatan,” imbuhnya. 

Bagi yang ragu melakukan aktivitas high impact bisa melakukan Yogamarta secara teratur untuk mencegah cidera. “Saya suka boxing, tinju, dan setelah coba Yogamarta setiap gerakan detil benar-benar efektif,” kata  Indra Perdana Sinaga, vokalis grup band Lyla. 

Pria yang akrab disapa Naga ini mengaku merasakan manfaat lebih dari Yogamarta ini untuk mendukung aktivitas kesehariannya. “Jika biasanya saya lari di treadmill selama satu jam menghabiskan 500-600 kalori, dengan Yogamarta cukup setengah jam bisa membakar kalori yang sama,” tandasnya. dit

#kesehatan #musisi #warisannusantara #yoga #yogamarta

Posting Terkait