Gurami 3 Rasa ala Restoran Sekarwangi Santika Hotel Jemursari Khusus untuk Menyambut Tahun Baru Imlek

703 views
Chef Fadli Syahputra memamerkan sajian spesial Imlek, Gurami 3 Rasa.

iniSURABAYA.com – Tahun Baru Imlek identik dengan menu serba ikan. Tak heran bila juru masak Santika Hotel Jemursari Surabaya menyajikan ‘Gurami 3 Rasa’ untuk merayakan hadirnya Tahun Tikus pada Jumat (24/1/2020).

“Ikan itu filosofinya adalah panjang umur. Maka menu ikan wajib disuguhkan saat  makan malam menjelang Tahun Baru Imlek,” kata Fadli Syahputra, Executive Chef Santika Hotel Jemursari Surabaya kepada iniSurabaya.com, Kamis (23/1/2020).

Cara memasaknya pun spesial. Pertama disiapkan lebih dulu kuah dengan bumbu rempah lengkap, seperti jahe, kunyit, plus cabe merah besar. “Sengaja tidak pakai cabe rawit agar rasanya tidak terlalu pedas,” kata Chef Fadli.

Dan yang istimewa dari olahan menu Gurami 3 Rasa ini adalah menggunakan bunga kecombrang untuk menimbulkan rasa asamnya. “Sedang rasa gurih diperoleh dari saus tiram,” ungkap Chef Fadli.

Setelah kuah siap, lanjut Chef Fadli, proses berikutnya adalah menggoreng ikan gurami yang kemudian dimasukkan ke dalam kuah yang sarat bumbu rempah tersebut. “Tak perlu lama. Cukup tiga menit dicelupkan ke dalam kuah lalu diangkat,” tegasnya.

Gurami lalu diletakkan di atas piring dan di atasnya dilumuri kuah bumbu rempah. menu Gurami 3 Rasa ini pun siap disantap beramai-ramai untuk keluarga.

“Dalam tradisi Tionghoa disebut Ciak Tok, makan semeja ramai-ramai. Dan di Restoran Sekawangi ini semeja bisa untuk 10 orang,” papar Chef Fadli.

Sebagai ‘pendamping’ menu Gurami 3 Rasa, juru masak Santika Hotel Jemursari Surabaya menyuguhkan Longan Puding Tofu. “Pudingnya 100 persen dibuat dari susu sehingga menyerupai tofu,” tegasnya.

Menu Gurami 3 Rasa plus Longan Puding Tofu ini menjadi bagian dari aneka sajian yang khusus disajikan pada malam menyambut Tahun Baru Imlek. Paket menu ‘all you can eat’ ini dibanderol Rp 189.000 nett per-orang. dit

#guramitigarasa #menuimlek #santikahoteljemursari #tahunbaruimlek #tahuntikus

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)