Tak Punya Pengetahuan Masak, Julius Komang Sukses Berbisnis Kuliner Hingga Buka 60 Cabang, Begini Kiatnya

329 views
Julius Komang

iniSURABAYA.com – Bisnis kuliner belakangan banyak diincar karena dianggap sebagai usaha yang menjanjikan masa depan menggembirakan. Nyatanya, tak semua berhasil.

Sandungan saat menjalani usaha kuliner itu juga dialami Julius Komang. Tetapi, Julius tak patah arang. Kerja keras dan keseriusan dalam menggeluti bisnis tersebut akhirnya membuahkan hasil.

Julius yang sama sekali tak punya pengetahuan memasak ini justru sukses membuka 60 cabang yang tersebar di banyak kota di Tanah Air.

Selain Surabaya, label ‘Penyetan Cok’ yang dia kelola juga ada di Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Sidoarjo, dan Gresik. Selain ‘Penyetan Cok’, Julius juga sukses mengembangan usaha kuliner lainnya yaitu ‘Sushi Suteki’, dan ‘Bebek Semangat’.

Menurut Julius, ketertarikannya pada usaha kuliner ini lantaran melihat merek kebab yang ada di depan rumah kontrakannya di kawasan Baratajaya Surabaya, sekitar 10 tahun lalu.

Gencarnya kebab lokal itu melakukan ekspansi di sejumlah lokasi membuatnya terpacu untuk menghadirkan menu asal Jepang, sushi. “Saya ingin bikin sushi seperti yang dilakukan kebab itu. selain murah, juga bisa takeaway,” paparnya kepada iniSurabaya.com, Sabtu (4/1/2020).  

Bagaimana caranya? Ditemui di tempat usahanya, ‘Penyetan Cok’ di Transmart Rungkut Surabaya, Julius menekankan,“Karena ingin bisa dijual dengan harga murah, tentu konsepnya bukan restoran. Tempat kecil saja, sehingga operasional cost lebih rendah.”

Kenapa pilih menu sushi? “Karena ini menu kesukaan saya. Waktu itu, saya selalu beli sushi setiap habis gajian,” tutur Julius yang sempat bekerja sebagai sales asuransi ini sambil tertawa.

Karena sering makan sushi di restoran tersebut, Julius akhirnya akrab dengan karyawannya dan minta diajarkan cara bikin sushi. Dari pelajaran yang diperoleh secara otodidak itulah Julius kemudian mulai usaha yang dia beri label ‘Sushi Suteki’.  

Pahit manis menjalani usaha kuliner inilah yang ingin Julius bagikan kepada siapa saja yang berniat menggeluti bisnis yang sama, kuliner. Melalui program The Six Months Challenge, Julius memberi kesempatan untuk saling tukar pendapat dan sekaligus pengetahuan seputar bisnis kuliner.

“Program The Six Months Challenge merupakan salah satu bentuk dedikasi saya di bidang bisnis kuliner. Hampir satu dekade saya menjalankan bisnis kuliner, maka saya memiliki tekad untuk membagikan pengalaman berharga yang pernah saya lalui,” imbuhnya.

Julius menegaskan pula,”Saya akan bagikan pengalaman kepada siapapun yang serius ingin menjalankan bisnis kulier. Saya berharap teman-teman bisa meminimalisir kegagalan sehingga tidak seperti yang pernah saya alami.” dit

#bebeksemangat #bisniskuliner #juliuskomang #penyetancok #sushisuteki

Posting Terkait