Risma Buka Pembatas Jalan, Jalur MERR Gunung Anyar-Pondok Tjandra Bisa Dilalui Semua Kendaraan dari 2 Arah

584 views
Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya saat meresmikan Jalur MERR Gunung Anyar-Pondok Tjandra. (foto: IST)

iniSURABAYA.com – Setelah sempat tertunda-tunda, Jalan Middle East Ring Road (MERR) Gunung Anyar-Pondok Tjandra sudah dapat dilalui dua arah. Pembatas di sisi Barat jalan yang menghubungkan Surabaya-Sidoarjo itu kini sudah dibuka.  

Semula hanya Jalan MERR Gunung Anyar-Pondok Tjandra di sisi Timur yang bisa dilalui semua jenis kendaraan. Sedang di sisi Barat masih ditutup dengan water barrier di dua titik dan hanya dibuka sehingga hanya bisa dilewati kendaraan roda dua.

Pengoperasian jalur MERR Gunung Anyar-Pondok Tjandra itu diresmikan langsung oleh Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya, Sabtu (15/2/2020). Saat peresmian, Risma didampingi jajaran OPD Pemkot Surabaya, serta Forkopimda Kota Surabaya.

Risma tak memungkiri, pembangunan jalan ini membutuhkan waktu yang lama. Sebab, awalnya dirinya berharap ada bantuan yang diberikan Pemkab Sidoarjo kepada Pemkot Surabaya.

“Tetapi ternyata nggak bisa. Ya sudah saya putuskan untuk dibangun sendiri,” tegasnya.

Sejak dioperasikan, segala jenis kendaraan bisa melintas di dua jalur MERR Gunung Anyar-Pondok Tjandra tersebut. Kendaraan dari arah Surabaya setelah sampai di persimpangan Pondok Tjandra bisa berbelok kiri masuk tol Juanda.

Sedang yang dari Sidoarjo sampai di persimpangan Pondok Tjandra bisa langsung belok kiri menuju ke Surabaya. Di jalan ini sudah terpasang semua fasilitas mulai rambu lalu lintas, markah jalan, Traffic Light (TL) bahkan CCTV (Closed Circuit Television).

Menurut Risma, di kawasan tersebut juga terpasang CCTV berfitur face recognition. Manfaatnya tidak hanya untuk keamanan masyarakat yang sedang melintas di kawasan tersebut, melainkan juga untuk menangkap gambar pelanggar lalu lintas.

Jalan MERR ini secara keseluruhan memiliki panjang total sekitar 10,8 kilometer yang membentang dari utara ke selatan Surabaya. Lebar jalan mencapai 40 meter dan terbagi menjadi tiga segmen.

Yakni, MERR II A mulai Jalan Kenjeran (Kalijudan) hingga perempatan Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Selanjutnya, MERR II B mulai perempatan Kampus C Unair sampai perempatan Jalan Arif Rahman Hakim.

Di bagian akhir adalah MERR II C mulai perempatan Jalan Arif Rahman Hakim sampai Jembatan atau Tol Tambak Sumur. dit

#gununganyar #middleeastringroad #pondoktjandra #trirismaharini Surabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)