Eksplorasi Sejarah, Seni, Budaya dari Rumah, Inilah Program Daring House of Sampoerna

690 views

iniSURABAYA.com – Merespons himbauan pemerintah untuk di rumah saja di tengah masa pandemic COVID-19, House of Sampoerna (HoS) meluncurkan alternatif program yang dapat dinikmati masyarakat tanpa harus meninggalkan rumah berupa pameran daring.

Hal ini sejalan pula dengan anjuran International Council of Museums (ICOM) untuk dapat selalu menjangkau dan terhubung dengan publik meski dari jarak jauh.

“Bagi sahabat HoS yang tertarik dengan program ini dapat melihat detail informasinya melalui website www.houseofsampoerna.museum,” kata Rani Anggraini, Manager House of Sampoerna.

Adapun pameran daring yang diselenggarakan oleh HoS berupa:

  1. The Residence “Pameran Daring Merdeka Bermusik”

Memperingati Hari Musik Nasional dan sebagai rangkaian acara Indonesia Bermusik seri 2 yang sudah diselenggarakan sejak 2019, House of Sampoerna menyelenggarakan pameran museum ‘Merdeka Bermusik’.  

Kegiatan yang dilakukan HoS bekerjasama dengan Museum Musik Indonesia, Museum WR. Soepratman, Museum Teknoform, Asosiasi Museum Indonesia Daerah Jawa Timur, Jawa Pos, Komunitas Begandring Soerabaia, Komunitas Kaset Lama dan kolektor ini merupakan brangkaian kegiatan Menjadi Merdeka di tahun 2020. Beragam koleksi piringan hitam, kaset, majalah, alat musik dan foto ditampilkan untuk menunjukkan perjuangan musisi dalam bermusik di era 1945-1998.

  • Cendera.mata ’Ragam Masker Kain’

Cendera.mata membantu mempromosikan masker kain produksi tiga mitra UMKM Surabaya yaitu Sawoong, Ike Diana Craft, dan Embun Craft. Masing-masing UMKM menawarkan beragam pilihan bentuk, bahan dan motif masker kain yang disesuaikan kebutuhan masyarakat.

“Bagi sahabat House of Sampoerna yang berminat, dapat melihat katalog produk dan langsung memesan ke masing-masing kontak UMKM yang tertera pada website www.houseofsampoerna.museum,” ujar Rani.

  • Gallery Paviliun ’Pameran Daring Tanah Air Beta’

Gelaran pameran bertajuk ‘Tanah Air Beta’ ini merupakan kerja sama antara Galeri Paviliun HoS dengan 14 seniman muda dari jurusan Seni Rupa Murni STKW.

Sebanyak 25 keramik yang dipamerkan, diciptakan dengan kombinasi teknik pinching (pijat jari), pilin, putar, dan slap (membentuk lempengan pada papan kayu), yang diakhiri dengan proses pembakaran. dit

#houseofsampoerna #museum #pameran #programdaring

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)