Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Surabaya Sepakati Pemberlakuan PSBB

534 views
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (tengah) akhirnye menyetujui pelaksanaan PSBB di tiga daerah di Jatim, yaitu Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

iniSURABAYA.com – Rapat koordinasi yang diselenggarakan di Gedung Negara Grahadi, Minggu (19/4/2020) akhirnya memutuskan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo.

Pertemuan yang dipimpin langsung Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur itu dihadiri Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya), Nur Ahmad Syaifuddin (Plt Bupati Sidoarjo), dan Nadlif (Plt Sekda Kabupaten Gresik).

Rapat yang berjalan tertutup itu secara khusus membahas PSBB. “Dari diskusi yang berjalan, ternyata harus diikuti dengan berbagai langkah,” tegas Khofifah.

Gubernur wanita pertama di Jawa Timur itu menambahkan,”Kami bersama-sama sepakat bahwa hari ini sudah saatnya di Kota surabaya, sebagian Kabupaten Gresik dan sebagian Kabupaten Sidoarjo diberlakukan PSBB,” tandasnya kepada media usai pertemuan tertutup tersebut.

Khofifah menekankan,“perhatian kami semua adalah menghentikan penyebaran Covid-19. Kami akan membahas secara detail melalui Pergub soal PSBB ini dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati dan Walikota. Lalu, diteruskan ke Menteri Kesehatan.”  

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang diminta komentar soal keputusan PSBB ini tidak berkenan memberikan pernyataan.

Tapi, Kadis Kominfo Kota Surabaya, Fikser menjelaskan bahwa pihaknya akan merapatkan hasil keputusan yang diambil di Grahadi pada hari ini. “Ini kan baru diputuskan. Kami akan menggelar koordinasi dahulu secara internal,” cetusnya.

Informasi lain yang diperoleh iniSurabaya.com, terjadi perubahan cukup signifikan pada kasus Covid-19 di Surabaya. Jika sebelumnya Surabaya Selatan menjadi wilayah dengan konfirmasi Covid-19 tertinggi, kini bergeser ke Surabaya Timur.

Berdasar catatan yang diperoleh hingga Minggu (19/4/2020) pukul 12.00, paparan Covid-19 di Surabaya Timur, 512 ODP, 150 PDP, dan 71 positif Covid-19.

Sementara di Surabaya Selatan 447 ODP, 150 PDP, dan 63 positif.
Surabaya Barat terdiri dari 382 ODP, 166 PDP, dan 43 positif.
Surabaya Utara 158 ODP, 106 PDP, dan 44 positif.
Surabaya Pusat 164 ODP, 68 PDP, dan 22 positif. dit

#gresik #jawatimur #pembatasansosialberskalabesar #sidoarjo Surabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)