BRI Gelar Nusantara Fashion Festival 2020, Kolaborasi Lebih dari 300 UMKM dan Pegiat Mode Tanah Air

453 views
ILUSTRASI : Jumpa pers virtual Nusantara Fashion Festival 2020.

iniSURABAYA.com | JAKARTA – Industri kreatif khususnya bidang mode makin bergairah dengan peran serta pemerintah melalui BRI yang diwujudkan lewat agenda Nusantara Fashion Festival (NuFF) 2020.

Panggung mode virtual terbesar pertama di Indonesia dan berkolaborasi dengan lebih dari 300 UMKM serta pegiat industri mode. NuFF 2020 digeber selama sebulan mulai Sabtu (1/8/2020) hingga 31 Agustus 2020.

Kegiatan ini menyajikan 75 perancang busana, label dan UMKM mode dalam Virtual Fashion Show. Juga ada lebih dari 50 pembicara dalam Fashion Talks dan produk kolaborasi spesial desainer dan brand lokal yang dihadirkan dalam Charity Auction.

“BRI mendukung penuh kegiatan ini untuk membantu UMKM berjuang di tengah pandemi Covid-19,” kata Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI dalam jumpa pers virtual, Selasa (28/7/2020).  

Menurut Handayani, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi sekaligus membantu penjualan produk lokal buatan Indonesia, khususnya kalangan pelaku UMKM.

Handayani menambahkan, salah satu sektor industri padat karya dengan ekosistem luas yang terkena dampak pandemi adalah mode. UMKM mode saat ini telah bertransformasi dan sangat beragam mulai dari perajin kain tradisional sampai label lokal modern.

“Kondisi saat ini menuntut inovasi-inovasi untuk membantu industri mode terus bertahan,” tegasnya.

Diakui Handayani, di tengah pandemic Covid-19 sinergi semua pihak dibutuhkan guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Dan sebagai bentuk dukungan bagi UMKM, pemerintah meresmikan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

Sejalan dengan gerakan nasional ini kementerian BUMN melalui

NuFF yang disuguhkan dalam konsep virtual ini menggandeng lebih dari 300 kolaborator. Festival ini menghadirkan pengalaman mode yang dikemas secara digital bagi pecinta mode.

Mempersembahkan karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif untuk menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik untuk pengalaman menyaksikan kreasi mode yang tak terlupakan.

Acara NuFF 2020 juga diisi kegiatan berbagi edukasi dan berdiskusi terkait industri mode bersama tokoh–tokoh ternama.

Ditekankan Handayani, gelaran NuFF 2020 bertujuan untuk memperlihatkan talenta dan karya pegiat mode serta kualitas produk UMKM Indonesia. Selain itu juga sebagai bukti bahwa ekosistem digital dapat menjadi media untuk berkolaborasi dan mempresentasikan karya mode.

“NuFF 2020 sebagai festival mode virtual terbesar pertama Indonesia akan mempersembahkan inovasi digital terbaru,” tandas Ben Soebiakto, CEO Samara Media & Entertainment.

Ben menyatakan,”Kami menghadirkan konsep ekosistem daring yang terintegrasi, mulai dari live streaming sampai e-commerce, yang dapat dimanfaatkan sebagai platform bagi UMKM serta pelaku industri mode untuk bertemu, berkolaborasi, dan bertumbuh.”

Diakui Ben festival mode virtual ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada pegiat industri mode dan menyambut ide-ide kreatif yang dapat memajukan ekonomi kreatif Indonesia.

“Untuk itu berbagai persiapan telah kami lakukan dengan menampilkan program inspiratif, profil, dan produk yang menjadi Bangga Buatan Indonesia,” ungkapnya. dit

#BRI #nusantarafashionfestival #pegiatmode #umkm

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)