Ingin Ban Mobil Lebih Awet dan Terhindar dari Kecelakaan? Hindari 3 Kebiasaan Buruk Ini

375 views
Cara seseorang mengemudikan kendaraan menentukan keselamatan diri dan keamanan barang yang diangkutnya.

iniSURABAYA.com | JAKARTA – Kebiasaan buruk saat berkendara ternyata berpengaruh dan jadi pemicu kerusakan kondisi ban sehingga berdampak pada keselamatan pengendara.

Tak hanya itu, kebiasan buruk saat mengemudikan kendaraan ini tentu membawa efek negatif dan menimbulkan kerusakan barang yang diangkut, serta keselamatan pengguna jalan lain.   

Berdasarkan data dari Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), 60-70 persen kecelakaan truk disebabkan human error, antara lain manajemen waktu berkendara yang kurang baik, perilaku pengemudi, dan keterampilan pengemudi.

Selain itu faktor lainnya adalah kondisi kendaraan termasuk kondisi ban, serta faktor eksternal seperti kondisi geometrik jalan yang kurang memadai.

Bertolak dari kasus-kasus pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan yang menimpa truk, Yoonsoo Shin, President Hankook Tire Sales Indonesia, mengajak pengemudi truk di Indonesia untuk fokus melakukan tindakan preventif kecelakaan mulai dari diri sendiri dengan menghentikan kebiasaan buruk dalam berkendara.  

Produsen ban asal Korea Selatan ini melihat ada tiga perilaku buruk dalam berkendara yang perlu menjadi perhatian. Pertama, pengendara truk sering berkendara melewati batas kecepatan dan muatan berat beban yang telah ditentukan.

Kedua, menurut Yoonsoo, pengendara truk sering menggunakan persneling netral saat melaju di jalan menurun atau landai.

Alih-alih bermaksud untuk melakukan efisiensi bahan bakar, hal ini malah memicu terjadinya proses pengereman yang terlalu kuat (braking skid) atau rem panik.

“Akibatnya ban terkunci dan berhenti berputar, yang berpotensi mengakibatkan terjadinya kecelakaan beruntun,” paparnya. 

Ketiga, kebiasaan berkendara tanpa memperhatikan lubang dan bahaya jalan lainnya. Pengemudi truk yang ceroboh berkendara di atas lubang, dan kerusakan jalan lainnya dapat merusak ban, sistem kemudi, sistem suspensi, dan lainnya.

Guna membantu pelanggan mendapatkan produk ban yang menunjang keterampilan mengemudi yang handal, Hankook Tire berkomitmen terus meningkatkan kualitas pengalaman berkendara yang aman dan nyaman bagi pelanggan kendaraan komersialnya melalui layanan pre-sales dan after-sale yang tersedia di seluruh jaringan resmi distributornya di Indonesia. wid

#aptrindo #banmobil #hankooktiresalesindonesia #koreaselatan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)