Konser 7 Ruang, Upaya Bertahan Hidup Lewat Aksi Kebersamaan Para Pekerja Seni

727 views

iniSURABAYA.com | JAKARTA – Para pekerja seni Tanah Air tak lagi bisa sabar hanya berdiam diri. Mereka mulai menggeliat berkreasi. Salah satunya yang diwujudkan Studio DSS Music lewat panggung virtualnya ‘Konser 7 Ruang’.

Donny Hardono, pemilik Studio DSS Music tak mengelak bahwa konser musik konvensional tidak mungkin dilakukan lagi di saat pandemi Covid-19 belum jinak.

Dan konser virtual menjadi satu-satunya pilihan agar musisi bisa terus berkarya sekaligus menghibur penggemar. Konser ini merupakan tayangan langsung musik menggunakan platform media sosial YouTube.

Para penampil juga tetap menerapkan aturan jaga jarak. “Mereka tidak berdekatan saat tampil,” tegas Donny. 

Penyanyi dan band pengiring berjauhan satu sama lain di ruangan yang berbeda tiap orangnya. Tak ada tepuk tangan dari banyak penonton, hanya ada para teknisi yang membantu konser.

Menggelar tiga konser virtual setiap pekan, itulah yang dilakukan DSS Music sejak pandemi mengoyak mata pencaharian para pekerja seni. Untuk biaya konser dibuat sistem donasi terbuka dan memungkinkan siapa pun untuk bisa berdonasi. 

“Nggak main2 , 3 (TIGA) KONSER DALAM SETIAP MINGGU hanya ada di #KONSER7RUANG , tks Sahabat Musikku,” tulis Donny Hardono di laman Facebook-nya.

Berapa pun donasi yang diterima, akan dibagi dua; setengahnya untuk artis penampil, setengah lainnya untuk pekerja seni dan tim produksi.“Kalau Pemerintah memberiku Uang cukup , mungkin #konser7ruang akan Total Gratis, krn itu u/ pekerja seni & produksi,” Donny menambahkan di postingan berikutnya.

Dan luar biasa! Donasi yang terkumpul dari Konser 7 Ruang tidak main-main. Saat band rock spesialis lagu-lagu Genesis, Cockpit tampil, donasi yang terkumpul mencapai Rp 85 juta.

Bahkan, ketika 7 Bintang + Vina Panduwinata menghibur penggemar, sebanyak Rp 120 juta terkumpul dari konser virtual berdurasi lebih dari dua jam itu.

Pada saat Ruth Sahanaya hadir di ‘panggung’ Konser 7 Ruang, Minggu (26/7/2020), donasi yang terkumpul memecahkan rekor, mencapai lebih dari Rp 175 juta!

Tidak mudah menggelar konser virtual dengan konsep seperti ini. Kendala utamanya selalu saja soal jaringan internet di Indonesia yang belum stabil.

Belum lagi soal perlatan yang tidak memadai. Tetapi DSS Music memenuhi dua syarat itu.

Studio mereka merupakan tiga rumah yang digabung. Dengan demikian koneksi kabel audio dan videonya tidak akan delay sama sekali. 

Kondisi ini memang seperti dalam satu gedung konser. Kualitas suara dan gambarnya juga sama seperti tayangan di televisi. Selain Cockpit dan 7 Bintang + Vina Panduwinata, ada banyak artis, band, grup vokal maupun proyek kolaborasi yang telah tampil dalam Konser 7 Ruang.

Antara lain, Elfa’s Singers, Second Born, Fariz RM, The Soulful, Inul Daratista, Andre Hehanusa. wid/dbs

#DonnyHardono #konser7ruang #livevirtual #mediasosial #StudioDSSMusic

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)