Ahli Waris Akhirnya Serahkan Rumah Kelahiran Bung Karno, Ini Rencana Risma

340 views
Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya menerima penyerahan rumah kelahiran Bung Karno.

iniSURABAYA.com – Rumah kelahiran Soekarno (Bung Karno) di Jalan Peneleh gang Pandean IV nomor 40, Kelurahan Peneleh Kecamatan Genteng, Surabaya akhirnya diserahkan ke Pemkot Surabaya.

prosesi penyerahan tersebut dilakukan langsung oleh ahli waris kepada Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya tepat pada peringatan ulang tahun ke-75 Kemerdekaan RI, Senin (17/8/2020).

Proses penyerahan itu digelar di depan rumah bersejarah tersebut. “Terimakasih para ahli waris yang sudah sudi dan berkenan merelakan rumah kebanggaan kami. Ini simbol kebanggaan kami,” ujar Risma seusai menerima rumah kelahiran Bung Karno.

Risma menekankan bahwa rumah bersejarah itu akan dijadikan museum. “Apalagi di kawasan ini banyak sejarahnya. Sudah kami beri titik-titik, seperti langgar, makam dan beberapa benda lainnya,” kata Risma.

Seusai diserahkan, Risma sempat meninjau langsung kondisi di dalam rumah. Lulusan SMA Negeri 5 Surabaya ini bahkan menyempatkan diri membaca salah satu tulisan di rumah tersebut.

Setelah itu, Risma juga meninjau beberapa tempat bersejarah yang ada di kawasan tersebut, seperti Langgar Dukur Kayu di Kampung Lawang Seketeng, Makam Mbah Pitono dan beberapa benda bersejarah lainnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma menyampaikan terimakasih banyak kepada para ahli waris rumah kelahiran Bung Karno yang telah sudi dan berkenan merelakan rumahnya diserahkan kepada Pemkot Surabaya.

Menurutnya, rumah ini adalah rumah kebanggaan bersama dan merupakan simbol kebanggaan bersama.

Risma juga mengaku sampai bermimpi untuk menjadikan kawasan itu sebagai kawasan bersejarah, termasuk dipikirkan pula alur wisatanya harus dimulai dari mana dan berakhir di tempat mana. dit

#bungkarno #museum #trirismaharini #walikotasurabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)