Bahas Soal Donor Mata, Dokter Dini : Satu Bola Mata Bisa Bikin 5 Orang Kembali Melihat Normal

659 views
Dokter Dini Dharmawidiarini SpM (K)

iniSURABAYA.com – Bicara soal donor ternyata tak cuma donor darah. Banyak anggota tubuh manusia yang bisa didonorkan, termasuk diantaranya yaitu mata.

Dan untuk donor indera penglihatan ini pun, tidak seluruh bola mata yang ‘disumbangkan’, melainkan hanya bagian korneanya.

Yang lebih menarik, karena yang didonorkan adalah kornea, maka dengan menggunakan teknik Lamellar Keratoplasty dipastikan dalam satu bola mata bisa membantu lima orang kembali bisa melihat dengan normal.

“Itu satu mata ya. Kalau yang didonorkan kornea mata kanan dan kiri. Bisa menolong 10 orang yang membutuhkan. Itu baru dari sepasang mata saja,” ungkap dr Dini Dharmawidiarini SpM (K), Senin (3/8/2020) malam.

Dokter dari Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya ini menambahkan,“Bahkan di Amerika dengan teknologi yang mereka miliki, satu bola mata bisa untuk 10 orang. Jadi untuk sepasang mata bisa membantu 20 orang.”

Hadir sebagai narasumber di agenda Sapa Sahabat lewat live Instagram @ini.surabaya, dokter Dini mengakui bahwa  donor mata memang masih belum banyak diketahui, dan bahkan kurang peminatnya. Padahal, manfaatnya banyak yang menantikan.

Lulusan SMAN 2 Surabaya ini lalu memapar data, daftar antrian di RS Mata Undaaan mencapai 58 pasien. “Itu data terbaru per-hari ini,” tegasnya.

Dokter Dini mengakui pula bahwa ada ketidakseimbangan antara mereka yang membutuhkan (pasien) dengan ketersediaan donor. “Kalau data global dunia, satu donor direbut 70 orang,” urainya.

Sementara data di Bank Mata Indonesia tahun 2013-216 dari kebutuhan 170.000 pasien yang tersedia hanya 14.000. “Terpautnya memang sangat jauh,” kata Dini.

Bagi yang minat jadi donor mata, lanjut dokter Dini, bisa mendaftar secara online ke Bank Mata Indonesia. Tetapi bagi warga Kota Surabaya bisa pula menghubungi Cornea Donation Center di RS Mata Undaan.

Selain itu bisa pula ke Bank Mata Surabaya yang ada di RS dr Soetomo. “Jadi tidak harus ke Jakarta,” imbuhnya.

Dini menandaskan bahwa siapa pun bisa menjadi donor mata, bahkan mereka yang menderita katarak maupun diabetes. “Persyaratan dan prosesnya bisa dilihat di website bankmataindonesia.org,” katanya.

(simak info selengkapnya di IGTV @ini.surabaya)

Live streaming lewat Instagram @ini.surabaya mulai Agustus 2020 digeber setiap hari dengan tema berbeda. Untuk Selasa (4/8/2020) giliran make up artist Syska La Veggie akan berbagi tips ‘menyulap’ penampilan seseorang menjadi mengerikan. ana

#donormata #kornea #rumahsakitmataundaan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)