FOTO-FOTO: Gelar Pameran Bersama untuk Peringati Hari Kemerdekaan, Aime : ‘Ini Tombo Kangen’

477 views
Para perupa Koperjati melepas kangen lewat agenda pameran bersama selama dua hari (Minggu-Senin, 16-17/8/2020). Kegiatan ini sekaligus untuk merayakan Hari Kemerdekaan ke-75 RI.

iniSURABAYA.com – Pelukis harus tetap berkarya. Meski tidak bisa pameran fisik dengan leluasa seperti sebelumnya, maka di ruang terbatas dan terbuka pun dilakukan para perupa yang tergabung dalam Koperjati (Komunitas Perupa Jawa Timur).

Selama dua hari Minggu-Senin (16-17/8/2020), sekitar 20 anggota Koperjati ini menggelar karya mereka di teras markas Koperjati di kawasan Jl Darmokali Surabaya.

Selain pameran karya, selama dua hari ini para perupa juga menggelar berbagai acara. Diantaranya adalah melukis on the spot dengan objek model, Minggu (16/8/2020).

Hari berikutnya (Senin, 17/8/2020) diisi dengan lomba melukis sketsa cepat. Tantangannya adalah para peserta diminta saling berhadapan dengan temannya dan membuat sketsa sosok di depannya dalam waktu singkat.

“Yang dinilai adalah ketepatan dalam menangkap objek dan sekaligus kecepatan dalam menuangkan karyanya,” kata Muit Arsa, Koordinator Koperjati kepada iniSurabaya.com.  

Kegiatan tersebut diharapkan bisa menumbuhkan semangat para seniman yang terpuruk karena ‘kehilangan panggung’ mereka selama pagebluk yang belum menunjukkan bakal berakhir ini.

“Kondisi sekarang kami harus memanfaatkan segala media yang ada. Maka teman-teman perupa sudah banyak yang beralih pameran virtual,” ungkap Muit.

Menurut Muit, pameran virtual ini tak hanya terjadi di Indonesia. “Mereka yang di luar negeri pun sudah melakukan pameran virtual,” imbuhnya.

Muit berharap agar teman-teman seniman, khususnya perupa tetap semangat di tengah kondisi seperti sekarang. “Tetap berkarya dan selalu optimistis,” tandasnya.  

Ungkapan senada dilontarkan Aime Hanibi salah satu pelukis yang gabung dalam pameran ‘ARTgustusan Visual Art Exhibition’. “Ini sekaligus jadi ajang kangen-kangenan bersama teman perupa. Pameran bersama ini ‘tombo kangen’ (obat kerinduan). Karena selama pandemi baru kali ini ada kegiatan bersama,” kata Aime.

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2020/08/peringati-hari-kemedekaan-ri-di-tengah-pandemi-perupa-koperjati-gelar-pameran-bersama-di-luar-ruangan/

Meski begitu, istri Budi Bi –yang juga seorang perupa ini—menyatakan proses kreatif melukis di rumah tetap berjalan seperti biasa. Karya lukisnya itu bahkan diikutkan dalam kegiatan pameran di Solo.

“Kalau di Solo sudah ada pameran luring-nya. Saya kirim karya saja, tetapi gak bisa hadir di sana,” beber Aime yang dikenal lewat karya lukis cat airnya ini.

(Simak pula videonya di akun Instagram : @ini.surabaya)

Kegiatan di Taman Budaya Solo ini, lanjut Aime, juga diikuti sejumlah perupa dari Jawa Timur. “Banyak yang ikutan dari beberapa kota. Seluruh peserta sekitar 200an orang,” imbuhnya.

Aime dan sejumlah perupa Koperjati berharap kondisi segera pulih seperti semula sehingga mereka kembali dapat menggelar pameran yang langsung ditonton para penikmat karya seni rupa.

“Kepuasannya kan berbeda, pameran luring sama pameran daring,” tandasnya. dit

#harikemerdekaan #komunitasperupajawatimur #koperjati #lukisansketsa #pameranlukisan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)