Ngamen di Mall Jadi Ajang Eskpresi dan Esksistensi Pekerja Seni Surabaya

499 views
Musisi Surabaya akhirnya mendapatkan panggungnya kembali. Aksi di pusat perbelanjaan ini tak hanya beri kesempatan pekerja seni kembali menunjukkan esksistensi diri tetapi juga berharap ‘saweran’ dari pengunjung.

iniSURABAYA.com – Para seniman Surabaya menggelar aksi ngamen? ‘Ngamen’ para musisi ini malah tidak main-main, karena dilakukan di sejumlah pusat perbelanjaan megah di Surabaya.

Aksi para musisi ini bisa ditemui di Pakuwon Mall, Galaxy Mall, Pasar Atum, serta Gunawangsa Mall Tidar. Dan pentas yang sudah berlangsung selama sekitar sebulan ini mendapat sambutan positif dari pengunjung yang sedang berbelanja.

Ini terlihat dari kotak donasi yang diletakkan di depan panggung selalu terisi dan bisa membuat para seniman tersenyum saat pulang membawa ‘oleh-oleh’ buat keluarga di rumah.

“Donasi yang diberikan masyarakat lewat kotak ‘saweran’ ini bukti bahwa masyarakat turut berpartisipasi, memahami kondisi yang dialami para musisi sebagai dampak pandemi Covid-19,” tegas FX Boy, Ketua Harian Surabaya Entertainer Club (SEC).

Menurut Boy, SEC selaku penggagas aksi ngamen ini terus berupaya agar para seniman musik, khususnya musisi Surabaya bisa terus beraktivitas dan difasilitasi pengelola mall dan plaza.

“Tujuan utama adalah memberi wadah bagi para musisi untuk menyalurkan ekspresi mereka yang selama pandemi hanya berdiam diri di rumah,” tuturnya.  

Tujuan lain, lanjut Boy, jika seniman tersebut beruntung tentu akan membawa pulang hasil donasi para pengunjung mall dan plaza.

“Berapa pun hasil donasi langsung dibagi malam itu juga. dibagi rata semua musisi yang tampil malam itu,” tandas Boy yang juga musisi Surabaya All Stars ini.  

Selain berupaya ‘memberi panggung’ pada para musisi, SEC juga mengupayakan bantuan melalui Kementerian Sosial. “Sudah sejak tiga bulan lalu mbak Indah (Indah Kurnia, Ketua Umum SEC) minta ke Kemensos agar menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) buat pekerja seni,”  ungkapnya.

Ternyata permintaan itu mendapat tanggapan positif yang kemudian disalurkan melalui Dinas Sosial Kota Surabaya. “Sudah tiga bulan ini lancar penyaluran BST-nya untuk 150 pekerja seni yang ada di bawah naungan SEC,” imbuh Boy.  

Tak hanya itu. Indah Kurnia juga minta dukungan yang sama kepada Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur. Orang nomor satu di Pemprov Jatim ini pun memberi tanggapan positif dan mengalokasikan bantuan dalam bentuk sembako serta uang tunai untuk 250 pekerja seni yang ada di enam kota di Jatim, seperti Malang, Kediri, Jombang, Banyuwangi, dan Blitar. dit

#indahkurnia #mall #pekerjaseni #SEC #surabayaentertainerclub

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)