Pemkot Kembali Gelar Pentas Kesenian di Alun-Alun Suroboyo? Ini Penjelasan Disbudpar

413 views
Alun-Alun Suroboyo menarik perhatian warga kota karena memiliki kolam berasap.

iniSURABAYA.com – Setelah sempat dihentikan aparat kepolisian karena tidak mengantongi ijin, Pemkot Surabaya ancang-ancang menggelar kembali pentas seni tradisional di Alun-Alun Kota Surabaya.

informasi yang diperoleh iniSurabaya.com menyatakan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya sedang mematangkan rencana pentas seni tradisional tersebut.

“Kami memang masih mengupayakan agar para seniman tetap bisa berkarya, tetap bisa berekspresi,” begitu tegas Antiek Sugiharti, Kepala Disbudpar Kota Surabaya.

Menurut Antiek, Pemkot Surabaya tengah mendiskusikan perihal konsep acara, sehingga nantinya tidak kembali menuai kritik dari sejumlah pakar. 

“Kami mencari pola bagaimana konsepnya, sedang kami diskusikan. Masih dibahas tempatnya, belum dipastikan di mana akan digelar,” paparnya.

Sementara itu, Irvan Widyanto, Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya mengatakan bahwa dirinya telah merapatkan hal tersebut dengan berbagai pihak terkait.  

“Kami sudah meminta pendapat, dari Disbudpar, pakar kesehatan masyarakat dari Persakmi (Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia),” ujar Irvan.

Meski demikian, Irvan mengungkapkan masih akan meminta pendapat dari pihak lain guna memastikan konsep teknis yang akan digunakan dalam pagelaran seni tersebut. 

“Mengacu dari pengalaman kemarin, maka atas saran Sekertaris Gugus Tugas, Bapak Hendro Gunawan, maka dapat menampilkan pentas seni dengan format lain,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui setelah Alun-Alun Kota Surabaya diresmikan Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya pada 17 Agustus lalu, pemkot melanjutkan dengan pentas kesenian tradisional di tempat terbuka tersebut.

Agenda sempat berlangsung selama dua hari sebelum kemudian diminta dihentikan oleh aparat kepolisian. Selain tak mengantongi izin keramaian, pentas seni yang bertempat di Alun-alun Suroboyo itu menjadi pusat kerumunan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. dit

#alunalunSurabaya #disbudpar #pentassenitradisional

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)