Peringati Hari Kemedekaan RI di Tengah Pandemi, Perupa Koperjati Gelar Pameran Bersama di Luar Ruangan

456 views
Sebanyak 20 perupa anggota Koperjati asyik melukis model duduk di lantai teras Sanggar Koperjati, Minggu (16/8/2020).

iniSURABAYA.com – Melukis model bagi para perupa tentu sudah biasa. Tetapi yang bikin berbeda adalah melukis model di tengah suasana pandemi Covid-19.

Sekitar 20 orang perupa anggota Koperjati (Komunitas Perupa Jawa Timur) menggelar aksi melukis on the spot di markas mereka di kawasan Jl Darmokali Surabaya, Minggu (16/8/2020).

Semua perupa itu asyik melukis sambil duduk di lantai teras Sanggar Koperjati. Hanya model yang duduk di sofa di depan para perupa tersebut.

Aksi model yang cuma memakai kain kemben yang dililitkan sebatas dada menjadi ‘santapan’ para perupa. Media yang mereka gunakan beragam.

Ada yang di atas selembar kertas dan menggoreskan tinta atau pensil. Atau ada pula yang melukis pakai cat minyak di atas kanvas. Tak sampai satu jam, aksi melukis pun usai.

(Simak pula videonya di akun Instagram : @ini.surabaya)

Menurut Muit Arsa, Koordinator Koperjati , para perupa Koperjati rutin memeringati Hari Kemerdekaan lewat gelaran pameran di sejumlah tempat berbeda.

Tetapi dengan kondisi pandemic saat ini, maka aktivitas itu tak lagi mereka lakukan sekarang.  

Maka, Koperjati menggagas pameran ‘ARTgustusan Visual Art Exhibition’. “Biasanya pameran kami diikuti teman-teman dari luar kota. Tetapi karena banyak kendala saat pandemic, maka yang gabung sekarang hanya dari Surabaya dan sekitarnya. Ada Sidoarjo dan Gresik,” ungkap Muit.

Aksi pameran itu, lanjut Muit, sebagai wujud apresiasi dan penghormatan pada para pahlawan, khususnya yang sudah berjuang di memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Untuk mencegah kemungkinan pengunjung pameran bersinggungan, kata Muit, semua materi lukisan dari peserta pameran dipajang di luar ruangan. Selain itu, pengunjung maupun para perupa juga diwajibkan memakai masker selama berada di area pameran.

“Bagaimana pun kami tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Kita tetap harus tetap semangat. Tetap berkarya, tetap juga harus memperhatikan aturan yang sudah ditentukan berkaitan dengan pencegahan penularan virus corona,” tandas Muit. dit

#harikemerdekaan #komunitasperupajawatimur #koperjati #melukismodel #pameranlukisan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)