Si Manis Legit dari Sumatera, Pilih Topping Almond, Cokelat, atau Keju?

721 views
Lapis Legit Lampung

iniSURABAYA.com – Bagi orang kreatif, diam di rumah sebagai dampak pandemic Covid-19 justru menimbulkan gagasan baru. Dan yang belakangan banyak ditekuni mereka yang tengah menjalani work from home (WFH) adalah berkutat di dapur dan menghasilkan masakan yang kemudian bisa bernilai ekonomi.

Itu pula yang dilakukan Nice Sadar. Di tengah kegiatannya sebagai jurnalis yang belum banyak agenda di luar rumah, dia gunakan untuk menggali resep-resep warisan nenek moyang.

Hasilnya adalah lapis legit asal Lampung. “Sudah sejak tiga bulan ini mulai mencoba lapis legit, ternyata kok reaksi teman-teman dan saudara yang sudah merasakan positif banget. Jadi makin antusias masaknya,” kata Nice kepada iniSurabaya.com.

Kenapa pilih lapis legit Lampung? “Karena ibuku asal sana. Jadi sekaligus melestarikan masakan khas Nusantara,” tegas Nice sambil tertawa.

Alasan lainnya, lanjut Nice, kue warisan kolonial Belanda ini sudah sangat akrab di lidah masyarakat di negeri ini, khususnya Surabaya. “Lapis legit atau spekkoek ini punya banyak cara pengolahan. Tapi, tampilan khasnya yakni dengan berlapis lapis,” ungkapnya.

Lapis legit Lampung memiliki ciri khas yang tidak berserat seperti lapis legit bolu pada umumnya. Karena lapis legit Lampung sama sekali tidak menggunakan tepung terigu.

Bahan utamanya yakni kuning telur dan gula sehingga menimbulkan rasa dominan manis. “Bahkan aslinya sangat manis,” ujar Nice yang memberi kue olahannya itu dengan label Anglo Bunda.

Anglo Bunda menawarkan lapis legit yang tidak terlalu manis. “Rasa manisnya sudah disesuaikan dengan lidah wong Suroboyo,” ujar Nice.

Menurut Nice, lapis legit olahannya memang mengurangi sedikit pemakaian gula dan susu kental manis. “Tetapi, kalau mau tetap dengan resep aslinya juga boleh. Asal kuat dengan manisnya,” katanya.

Customer bisa memilih ukuran besar dengan loyang ukuran 20x20cm, atau ukuran kecil 13,5×13,5cm. Tinggi kedua lapis legit itu sama yaitu empat sentimeter.

Harganya? Untuk ukuran kecil dibanderol Rp 100.000, sedang yang besar Rp 185.000.

Harga relatif murah untuk ukuran kue yang biasanya ditawarkan dengan harga selangit. Apalagi Nice memberikan topping secara free. Pilihannya ada original, almond, cokelat dan keju.  

Selain cemilan lapis legit Lampung, Anglo Bunda juga siap dengan masakan lain seperti Rendang Bangik dan brownies. “Dalam bahasa Lampung ‘bangik’ artinya enak,” pungkasnya. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)