Sudahkah Kita Cinta Ke-Bhinneka-an di Negeri Ini? Yuk Gabung dan Berbagi Semangat di Ngobrol Sore: ‘Cinta NKRI – Cinta Warisan Seni Budaya Nusantara’

274 views

Catatan Redaksi:
Kalau kita benar-benar cinta negeri ini, harusnya juga cinta seni budayanya. Jika itu tertanam dalam diri kita, maka tidak akan terjadi cuitan yang menunjukkan ketidaktahuan, ketidakpahaman kita pada budaya Tanah Air.

Kecintaan pada negeri ini harus diwujudkan dalam bentuk totalitas. Tidak bisa separo-separo, setengah hati.

Kesadaran menjadi Warga Negara Indonesia adalah menerima seutuhnya ke-bhinneka-an yang sudah dihadirkan pendiri negeri ini. Kita harus sadari sepenuhnya bertetangga dengan orang beda agama, berbeda dialek karena berbeda suku, berbeda ras, berbeda pula budayanya.   

Maka di usia 75 tahun republik ini, pertanyaan ‘sudah kah kita menunjukkan rasa cinta pada negeri kita, tempat kita hidup ini’ menjadi makin relevan di tengah hiruk pikuk egoisme kesukuan dan keagamaan.  

Dengan cara apa kita wujudkan rasa cinta pada Negara Kesatuan Repblik Indonesia ini?

Ketika tim redaksi iniSurabaya.com dan Garasi Coworking Space menggagas agenda Ngobrol Sore bertema ‘Cinta NKRI – Cinta Warisan Seni Budaya Nusantara’ sekitar sebulan lalu, kami sadari betul topik tersebut tidak populer.

Faktanya masyarakat sering abai pada hal-hal yang berkaitan dengan seni budaya sendiri, seni budaya tradisional Indonesia. Tetapi kami kukuh untuk coba mengulik rasa cinta NKRI lewat ekspresi cinta pada seni budaya negeri kita: INDONESIA.

Hingga kemudian, kami makin melihat relevansinya ketika beberapa hari lalu muncul kegaduhan terkait gambar pakaian adat suku Tidung di Kalimantan Utara pada mata uang baru kita pecahan Rp 75.000.   

Narasumber-narasumber yang bakal berbagi spirit mereka lewat agenda Ngobrol Sore pada Rabu (19/8/2020) pukul 15.00 WIB ini adalah : Meimura (seniman teater senior Suroboyo), Diah Gardenia (pelukis batik), Kuncarsono Prasetyo (Direktur Kultura Nusantara), dan Fredy H Istanto (dosen Universitas Ciputra – founder Surabaya Heritage).

Sosok-sosok yang tak asing dalam kaitan kiprahnya dalam mengekspresikan kecintaan pada budaya Nusantara. Nusantara yang dibentuk dari beragam seni dan budaya yang kemudian diimplementasikan lewat tagline negeri ini: Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk informasi lengkap seputar live streaming iniSurabaya.com bisa hubungi WA : 0878 778 78999

Yang minat dan gabung dalam ngobrol santai ini bisa klik link : https://www.loket.com/event/cintankricintawarisansenibudaya-nusantara

#bhinnekatunggalika #cintaNKRI #inisurabaya #ngobrolsore

Posting Terkait