Tidak Perlu Kecocokan Antara Pendonor dan Pasien Penerima Kornea, Tetapi Ada Syarat Penting Ini Bagi Pendonor

829 views
Dokter Dinia Dharmawidiarini SpM (K).

iniSURABAYA.com – Berbeda dengan donor anggota tubuh lain, donor mata baru bisa dilakukan ketika pendonornya sudah meninggal. Mereka yang masih hidup tidak boleh donor mata.

Dan jika pendonor sudah meninggal, keluarga atau ahli waris diminta segera menghubungi bank mata.

“Setidak enam jam harus segera diambil dan masuk botol kecil dalam cairan optisol  

yang punya masa expired dalam waktu dua minggu,” ungkap dr Dini Dharmawidiarini SpM (K), Senin (3/8/2020) malam.   

Hadir sebagai narasumber di agenda Sapa Sahabat lewat live Instagram @ini.surabaya, dokter Dini menegaskan, setelah lewat masa dua minggu kornea mata akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Tidak ada syarat khusus, baik untuk pendonor maupun penerima donor mata. Sebab, tidak diperlukan kecocokan antara yang mau donor dan pasien penerima kornea.

“Donor mata memang berbeda dengan donor lain, seperti donor hati maupun ginjal yang memerlukan kecocokan antara pendonor dan host (penerima)-nya. Kornea tidak mengandung pembuluh darah sehingga tidak perlu ada kecocokan,” papar dokter Dini.

Lebih lanjut, Dini memaparkan, kornea sebagai lapisan bening pada mata merupakan bagian penting pada mata yang menentukan seberapa baik tingkat fokus mata terhadap suatu objek.

“Intinya, kornea mata berperan penting pada penglihatan,” cetusnya.

Sehingga jika kornea mata mengalami cidera karena kecelakaan, penyakit atau penyebab lainnya, maka akan mengganggu penglihatan. “Bahkan yang paling parah akan terjadi kebutaan,” imbuhnya.

Saat ini orang yang mengalami musibah tersebut, memiliki kesempatan untuk bisa melihat normal dengan teknik operasi kornea Lamellar Keratoplasty.

“Sayangnya di Indonesia teknik ini tidak diimbangi dengan pendonor kornea yang memadai,” tuturnya.

Menurut Dini, kesadaran atau keikhlasan orang untuk mendonorkan kornea mata saat meninggal masih sangat kurang. Padahal banyak orang yang membutuhkan.

Dini menekankan bahwa satu donor kornea mata bisa digunakan untuk lima orang yang membutuhkan dengan Lamellar Keratoplasty.

(simak info selengkapnya di IGTV @ini.surabaya)

Live streaming lewat Instagram @ini.surabaya mulai Agustus 2020 digeber setiap hari dengan tema berbeda. Untuk Selasa (4/8/2020) giliran make up artist Syska La Veggie akan berbagi tips ‘menyulap’ penampilan seseorang menjadi mengerikan. ana

#donormata #kornea #rumahsakitmataundaan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)