Apresiasi Perajin Tenun Ikat Ende-Lio, Lia Afif Rancang Busana Pesta Hingga Celana untuk Sehari-Hari

234 views
Busana-busana rancangan Lia Afif dengan bahan tenun ikat Ende-Lio.

iniSURABAYA.com – Desainer Lia Afif kembali hadir dengan kreasi yang fokus mengangkat wastra Nusantara.

Rancangan terbaru yang disajikan wanita asal Jombang ini adalah busana berbahan tenun ikat Ende-Lio, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Lia, kain tenun Ende-Lio ini unik karena hanya dibuat oleh suku tertentu di Ende. “Perajinnya terkelompok pada suku tertentu. Di luar suku ini tidak bisa menenun,” tegasnya kepada iniSurabaya.com, Kamis (24/9/2020).

Motif pada tenun ini pun selalu sama karena warisan turun temurun. “Tidak ada motif baru yang dibuat generasi penerusnya. Semua sama seperti yang diajarkan leluhur,” imbuh Lia yang sempat berkunjung langsung ke Kabupaten Ende atas undangan Balai Taman Nasional Kelimutu (TNK) sepekan silam.

“TNK inilah yang membina para perajin Ende, khususnya Ende-Lio,” ungkap Lia Afif.

Filosofi yang diaplikasikan pada tenunan tersebut, lanjut Lia, berdasar keadaan sekitar, yaitu gunung, manusia, binatang, dan tanaman.

“Mereka menenun sesuai ingatan. Jadi sama sekali tidak ada pola tertentu,” paparnya.

Warna tenun Ende-Lio ini pun khas alam, seperti hitam, merah, dan juga kuning tetapi cenderung gelap. Karena bahannya pun sebagian masih memakai serat akar.

“Tetapi memang ada yang sudah menggunakan benang sehingga lebih muda menenunnya daripada pakai serat akar,” urai Lia.

Diakui Lia, karena bahan-bahan yang digunakan itu pula, maka proses pembuatan tentun Ende-Lio ini jadi memakan waktu lama.

“Untuk satu kain tenun dengan panjang sekitar dua meter perlu waktu 2-3 bulan. Padahal, pengerjaannya dilakukan dari pagi hingga malam,” tandasnya.  

Karena bahan yang cukup tebal itu pula, maka Lia berkreasi dengan menambahan bahan lain pada sisi badan kiri dan kanan. “Agar terkesan lebih ringan saat dipakai, tidak terlalu berat,” cetusnya.      

Dan agar tampil lebih menarik, perancang busana spesial muslim ini menambahkan aksesoris dan payet di beberapa sisi busana rancangannya. Selain dalam bentuk dress untuk acara pesta, Lia Afif juga membuat kreasi celana yang bisa dipakai untuk sehari-hari.  

“Ada baju formal, ada yang santai. Ada pula yang ready to wear untuk anak muda,” pungkasnya. dit

#desainer #liaafif #tamannasionalkelimutu #tenunikat

Posting Terkait