FOTO-FOTO: Inilah Sikap Tegas Pengurus RW 05 Puri Indah Bagi Pelanggar Disiplin Bermasker

470 views
Pengurus RW 05 Puri Indah Asri Sidoarjo beserta pengurus RT di wilayah tersebut menggelar aksi razia masker. Yang terjaring razia diberi peringatan dan hadiah masker gratis bantuan dari Kepala Desa Sidodadi dan sumbangan warga RW 05.

iniSURABAYA.com | SIDOARJO – Masih tingginya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo membuat pengurus RW 05 Puri Indah Asri Sidoarjo menggelar aksi razia masker.

Razia itu dilakukan juga lantaran hampir di setiap RT di wilayah RW 05 pernah terjadi kasus positif Covid-19. “Ini langkah kami untuk menanamkan kesadaran bermasker. Disiplin bermasker di wilayah ini perlu ditingkatkan karena masih terjadi kasus-kasus positif pada warga di RW 05,” ungkap Khamin, Ketua RW 05.

Hasilnya, kegiatan razia yang dilakukan selama tiga jam mulai pukul 08.00, Minggu (20/9/2020) itu berhasil menjaring 18 orang tanpa masker.

Karnoto, Kepala Desa Sidodadi Kecamatan Candi Sidoarjo (kanan) turut gabung dalam aksi razia masker tersebut.

Berbeda dengan razia masker yang dilakukan tim gabungan Polres, TNI, dan Satpol PP, kegiatan razia oleh pengurus RW 05 ini sama sekali tidak memberlakukan denda.

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2020/09/gelar-razia-di-lingkungan-rw-05-18-orang-terjaring-tanpa-masker/

Yang terjaring razia hanya dicatat identitasnya dan diberi peringatan agar selalu disiplin memakai masker setiap beraktivitas di luar rumah. Setelah itu, mereka yang terjaring razia justru diberi masker secara gratis.   

Petugas RW 05 memang sudah menyiapkan sekitar 500 buah masker kain untuk mendukung kegiatan razia tersebut. Masker itu diantaranya adalah bantuan dari Karnoto, Kepala Desa Sidodadi Kecamatan Candi, Sidoarjo dan juga sumbangan warga RW 05 Puri Indah Asri.

“Ini kegiatan positif yang perlu didukung. Kalau terjaring razia petugas gabungan di luar sana kan pasti harus bayar denda,” tutur Karnoto.

Aksi razia masker di lingkungan RW 05 Puri Indah Asri itu merupakan langkah persuasifnya untuk menumbuhkan kesadaran bersama. “Dari lingkungan paling kecil ini kita tumbuhkan kesadaran untuk mewujudkan kesadaran lebih besar di lingkungan lebih luas,” tegasnya.

Karnoto berharap kesadaran yang dimulai dari lingkungan perumahan ini bisa berkembang ke wilayah desa dan kecamatan. “Selanjutnya nanti tentu kita harapkan warga seluruh Kabupaten Sidoarjo sadar bermasker. Ini demi kepentingan kesehatan bersama,” tandasnya.

Menurut Karnoto, pihaknya juga sudah beberapa kali melakukan razia yang sama di sejumlah titik di jalan raya. Hasilnya sekitar 200 orang terjaring lantaran tidak memakai masker.

“Dari ratusan orang yang terjaring razia itu tidak ada yang warga Sidodadi. Mereka warga luar yang kebetulan lewat di area sini (Desa Sidodadi),” paparnya. dit

#desasidodadi #disiplinpakaimasker #foto #masker

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)