Gelar Razia di Lingkungan RW 05, 18 Orang Terjaring Tanpa Masker

524 views
Yang terjaring razia disiplin pakai masker dicatat identitasnya dan diberi pesan agar selalu memakai masker setiap keluar rumah. Mereka yang terjaring razia juga diberi masker gratis bantuan dari Kepala Desa Sidodadi Kecamatan Candi, Sidoarjo dan juga sumbangan warga.

iniSURABAYA.com | SIDOARJO – Pengurus RW 05 Puri Indah Asri Sidoarjo beserta pengurus RT di wilayah tersebut menggelar aksi razia masker, Minggu (20/9/2020). Aksi razia dipusatkan di pos RT 15 RW 05 yang menjadi pintu masuk warga menuju kawasan RW 05 Puri Indah Asri.

Aksi razia selama tiga jam dimulai pukul 08.00 di jalur masuk maupun keluar baik untuk pengendara kendaraan roda dua maupun mobil. Hasilnya ada 18 orang terjaring gerakan kampanye disiplin memakai masker tersebut.

Siapa pun yang melalui area RW 05 dan tidak memakai masker akan dicatat identitasnya. Mereka juga diberi masker gratis setelah diperingatkan agar selalu dipakai maskernya.

Dari jumlah itu, yang benar-benar warga RW 05 hanya lima orang, lainnya adalah tamu. Bagi yang terjaring razia langsung didata identitas dirinya dan diberi peringatan agar memakai masker setiap keluar rumah.

Petugas juga memberikan masker gratis pada mereka yang terjaring razia disiplin memakai masker. “Masker ini harus dipakai bukan hanya untuk melindungi orang lain. Yang terpenting juga melindungi diri sendiri dan keluarga,” begitu pesan Rudy, Sekretaris RW 05 Puri Indah Asri Sidoarjo.

Karnoto, Kepala Desa Sidodadi Kecamatan Candi, Sidoarjo menyerahkan bantuan masker kepada Khamin, Ketua RW 05 Puri Indah Asri Sidoarjo.

Kalau cinta keluarga, lanjut Rudy, maka penggunaan masker setiap keluar rumah seharusnya menjadi kesadaran yang alamiah dan tidak perlu menunggu ditegur orang lain.

“Sebab kita keluar pasti berinteraksi dengan orang lain dan kita tidak tahu dia sehat atau terpapar virus yang kemudian kita bawa pulang sehingga bisa menulari mereka yang di rumah,” ungkapnya.

Aksi razia masker tersebut mendapat apresiasi dari Karnoto, Kepala Desa Sidodadi Kecamatan Candi Sidoarjo. Karnoto bahkan turut mendampingi pengurus RW 05 dan jajaran RT di wilayah tersebut selama kampanye disiplin bermasker dilakukan.

Pelanggar disiplin pakai masker dicatat identitasnya kemudian diberi masker gratis.

“Ini kegiatan positif yang perlu didukung. Kalau terjaring razia petugas gabungan di luar sana kan pasti harus bayar denda,” tutur Karnoto.

Aksi razia masker di lingkungan RW 05 Puri Indah Asri itu merupakan langkah persuasifnya untuk menunbuhkan kesadaran bersama. “Dari lingkungan paling kecil ini kita tumbuhkan kesadaran untuk mewujudkan kesadaran lebih besar di lingkungan lebih luas, di wilayah desa, kecamatan hingga seluruh Kabupaten Sidoarjo warganya sadar bermasker,” tandasnya. dit

#desasidodadi #masker #raziamasker #sidoarjo

Posting Terkait