Kafe Historisma, Meja Belajar dan Meja Gambar Risma Masih Tersimpan Utuh di Rumah Ini

844 views
Ada tempat nongkrong baru di Surabaya. Kafe Historisma ini istimewa karena menyimpan benda-benda bersejarah dalam kehidupan Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya dua periode.

iniSURABAYA.com – Mau tahu ‘kisah masa kecil’ Tri Rismaharini? Di Kafe Historisma semuanya dipapar dengan jelas, bahkan barang-barang yang lekat dengan kehidupan wali kota perempuan pertama di Surabaya ini masih tersimpan utuh.

Rumah sederhana di Jl Bratang Binangun 17 Surabaya ini memang menyimpan banyak kisah masa lalu Risma –demikian perempuan ini akrab disapa.  

Dan hingga kini, rumah itu tetap utuh sesuai aslinya. Semua kayu di bangunan rumah itu adalah kayu jati istimewa, jati tua. “Ayah saya berpesan agar rumah ini jangan diubah-ubah,” tegas Risma saat meresmikan operasionalisasi Kafe Historisma beberapa waktu lalu.

Risma menyatakan, akan kembali ke rumah itu jika nanti dirinya pensiun sebagai orang nomor satu di Kota Pahlawan ini. “Saya akan jualan batik di sini,” imbuhnya.

Di atas lahan seluas 300 m2 itu kini masih digunakan sebagai tempat nongkrong dengan sajian kopi kekinian. Di bagian teras berjajar sekitar 10 meja yang masing-masing bisa dipakai empat orang.

Bekas meja belajar Risma

Di sisi tembok ruangan depan ini terpajang ‘lukisan’ karya Rachmad Prihandoko yang ‘menceritakan’ sosok Risma dalam beberapa versi. Diantaranya menggambarkan Risma bersama sang ayah dengan tulisan: anak ke 3 dari Kel Bpk HM Chuzaini.  

Meja gambar Risma ketika kuliah di ITS Surabaya.

Di sisinya gambar Risma saat wisuda dan menerima ucapan selamat dari rektor ITS. Lulusan SMA Negeri 5 Surabaya ini juga penyandang gelar Sarjana Arsitektur ITS Surabaya.

Di sebelahnya lagi, ada foto diri Risma dengan kutipan ucapan,”Berusahalah seolah-olah kita akan hidup 1000 tahun dan berdoalah sekuat tenaga seolah-olah besuk kita akan mati.” Dan di bagian bawahnya ada tanda tangan Risma.

Kopi kekinian di Kafe Historisma

Benda bersejarah saat Risma masih remaja adalah meja belajar yang dia pakai ketika SMA. Meja gambar waktu Risma kuliah di ITS pun masih tersimpan di rumah tua itu.

Operasionalisasi Kafe Historisma itu ditangani sepenuhnya oleh Fuad Bernardi, putra Risma. “Belum semua bagian rumah ini dimanfaatkan sepenuhnya,” ujar Kuncarsono Prasetyo yang turut membantu Fuad mempersiapkan hadirnya Kafe Historisma.

Mantan jurnalis Harian Surya ini menyatakan, bangunan utama yang nantinya digunakan Risma berkreasi batik baru mulai digarap sesaat menjelang Risma mengakhiri masa jabatan periode keduanya sebagai Wali Kota Surabaya.

“Proses masih panjang. Saat ini mengenalkan kopi kekiniannya dulu sambil nongkrong di teras,” beber Kuncar. dit

#kafehistorisma #tempatnongkrong #trirismaharini #walikotasurabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)