Ajak Masyarakat Indonesia Bangga Produk Lokal, Sandiaga Uno Beri Contoh Nasionalisme di Korea

89 views
Sandiaga Uno tampil sebagai narasumber di forum webinar Makers Talk #4 yang disajikan Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia, Sabtu (14/11/2020).

iniSURABAYA.com – Bangga menggunakan produk lokal, menjadi fokus bahasan Sandiaga Uno, penggagas bisnis berlabel Ok Oce di forum webinar Makers Talk #4 pada Sabtu (14/11/2020).

Tampil sebagai salah satu narasumber di forum yang diselenggarakan Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIP) tersebut, Sandiaga Uno lalu memberi contoh pada masyarakat Korea yang sangat bangga pada produk dalam negeri mereka.

“Mereka justru merasa aneh ketika melihat masyarakat Korea menggunakan produk luar,” tandas pengusaha yang sempat mencalonkan diri sebagai wakil presiden berpasangan dengan Prabowo ini.  

Karena itu, Sandiaga kemudian mendorong masyarakat dan pasar Indonesia untuk menghargai dan bangga menggunakan produk lokal agar industri nasional mampu bangkit kembali.

Sandiaga juga mendorong para pelaku industri alas kaki dan kulit untuk terus memproduksi alas kaki yang berkualitas dengan harga terjangkau, agar mampu bersaing dengan produk luar.

Dia mengatakan, banyak produk lokal yang sebenarnya tak kalah bagus dengan brand-brand asing karena itu pula dia mengapresiasinya serta memberikan support. Misalnya brand 910 NineTen yang memproduksi sepatu lari, pakaian dan aksesoris olahraga berkualitas.

Sandiaga menambahkan, sebenarnya banyak peluang yang bisa dicari di tengah pandemi. Para pelaku industri harus jeli dan pintar memanfaatkannya. Ia juga memberikan tips agar alas kaki produk lokal diminati konsumen.

“Alas kaki jangan hanya harganya terjangkau, tapi juga harus nyaman dipakai. Kalau bikin kaki sakit, meskipun harganya murah, orang juga enggan beli. Jadi produk yang dihasilkan harus berkualitas, nyaman dipakai serta terjangkau,” ujarnya.

Sandiaga mengingatkan pula mengenai pentingnya melakukan inovasi. Strategi kolaborasi juga menjadi salah satu pilihan optimistis yang dapat memperkuat daya tahan bisnis.

Di forum virtual tersebut Heru Budi Susanto, Kepala BPIPI tak menepis bahwa pandemi Covid19 berdampak sangat besar terhadap industri alas kaki dan kulit. 

Berdasar survei global industri alas kaki akibat Covid19 yang dilakukan pada Maret 2020, menunjukkan prediksi penurunan konsumsi alas kaki dunia sebesar 22,5 persen.

Fenomena ini pula yang melatari BPIP di bawah Kementerian Perindustrian RI melakukan upaya untuk membangkitkan industri ini. Di antaranya dengan mengadakan kampanye #IndonesiaMelangkah.

Kampanye tersebut adalah bagian dari kampanye nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan Presiden Jokowi pada Mei 2020. 

Tujuannya mendorong masyarakat untuk membeli produk-produk buatan IKM, sehingga mendukung keberlangsungan sektor industri alas kaki dan kulit selama pandemi.  

Heru mengatakan, #IndonesiaMelangkah melibatkan semua pelaku usaha alas kaki mulai dari hulu hingga ke hilir, mulai dari perajin, industri hingga merek lokal.

Kampanye ini diharapkan mampu menggelorakan eksistensi dan nilai-nilai yang dimiliki industri alas kaki nasional, agar masyarakat Indonesia memilih, membeli, dan menggunakan produk atau merek lokal. dit

#balaipengembanganindustripersepatuanindonesia #IndonesiaMelangkah #okeoce #sandiagauno #webinar

Posting Terkait