‘APD Kamuflase’, Cara Desainer Elizabeth Njo May Fen Semangati Diri di Hari Pahlawan

265 views
‘Perjuangan Masa Kini Melawan Pandemi’ menjadi tema sentral karya desainer Elizabeth Njo May Fen untuk memperingati Hari Pahlawan kali ini.

iniSURABAYA.com – ‘Semangat juang harus tetap ada’. Itulah tekad desainer Elizabeth Njo May Fen memotivasi diri di tengah tekanan kondisi pandemi Covid-19.

Semangat para pahlawan pula yang mendorong desainer yang akrab disapa Afen ini menggagas busana APD (alat pelindung diri) untuk memperingati Hari Pahlawan kali ini.

“Berjuang di masa kini kan nggak harus berperang. Wong musuhnya sudah nggak ada. Tetapi semangat juang untuk tetap eksis di tengah kesulitan pandemi ini harus tetap dikobarkan,” tandasnya saat ditemui di Pison Art and Fashion Foundation di lantai UG Lenmarc Mall Surabaya, Senin (9/11/2020).

Untuk mewujudkan busana dengan tema ‘Perjuangan Masa Kini Melawan Pandemi’ tersebut, Afen menggunakan bahan bermotif kamuflase. Meski kesan doreng atau loreng tetap muncul, tetapi tidak paten seperti fashion khas TNI.

Untuk menghadirkan kesan warna loreng itu, Afen menampilkan warna-warna hijau, cokelat cenderung maroon, dan hitam. Desainer senior ini juga memberi sentuhan edge dan feminine di beberapa bagian rancangannya.

“Yang saya tonjolkan di sini adalah kesan edge. Ada pula khusus yang dibuat feminin,” imbuhnya.

Karena niatnya merancang busana APD, maka untuk pemilihan bahan pun Afen memilih jenis parasut yang tahan air dan aerosol, sehingga cocok dikenakan di masa pandemi seperti saat ini.   

“Bahan parasut ini tentu akan membuat air sulit masuk ke badan, jadi aman dari droplet. Karena itu busana ini pas untuk meminimalisir penularan virus,” tegasnya.

Di sisi lain, lanjut Afen, penggunaan bahan parasut ini membuat karyanya itu bisa pula berfungsi sebagai jas hujan. “Kalau pun dicuci, bahan parasut ini mudah kering,” urainya.  

Afen membuat APD fashionable ini dalam beberapa pilihan, seperti jumpsuit, terusan, outer, vest, dan jaket. Semua koleksi busana APD tersebut dilengkapi hoodie berlayer kain kaus seri net untuk bagian dalam sebagai pelindung jahitan, sehingga tak perlu diobras untuk meminimalisir kerusakan bahan kain parasutnya.

Dan sebagai pelengkap busana di masa pandemi, Afen menambahkan pula kreasi masker bermotif senada, yaitu kamuflase. dit

#alatpelindungdiri #desainer #elizabethnjomayfen #haripahlawan

Posting Terkait