Gowes Blusukan Kampung, Upaya Komunitas Ini Kembali Gairahkan Wisata Kota Yogya

125 views

iniSURABAYA.com | YOGYAKARTA – Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, wisata Yogyakarta harus tetap jalan dan tak boleh ‘mati’.

Itu pula yang menjadi alasan Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Jogjabike terus mengampanyekan program wisata bersepeda keliling kampung di Kota Gudeg tersebut.

Untuk menghidupkan geliat wisata pada Jumat (30/10/2020) lalu Haryadi Suyuti, Walikota Yogyakarta didampingi Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Yogyakarta bersama jajaran dan sejumlah masyarakat penggemar olahraga ‘gowes’ bersepeda santai mengelilingi kota.

Sepeda santai ini dilakukan juga dalam rangka Anniversary Jogjabike II. Aksi layanan sepeda ke kampung-kampung wisata di Kota Yogya dan sekitarnya ini diapresiasi oleh Haryadi Suyuti.

Diakui Haryadi, kegiatan kampanye bersepeda ini wujud Tumapak ing Jaman Anyar, tema yang diangkat pada ulang tahun Kota Yogya tahun ini. 

“Pariwisata di Kota Yogya harus bisa beradaptasi dengan perubahan jaman, namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Agar wisatawan bisa nyaman dan tidak khawatir. Karena semua orang mematuhi protokol kesehatan,” katanya di sela acara gowes bareng Wisata Bersepeda Bersama Jogjabike sebagaimana dikutip dari inijogja.net. (https://inijogja.net/)

Sementara M Aditya, CEO Jogjabike menyatakan, pada usia Jogjabike tahun kedua ini, pihaknya mendapatkan tantangan berat. Pandemi Covid-19 menuntut Jogjabike bisa berkreasi.

Menariknya, masa pandemi ini justru membuat sepeda semakin banyak diminati. Masyarakat menjadi lebih sadar terhadap kesehatan. Banyak juga warga masyarakat yang ingin refreshing ke obyek wisata dengan cara bersepeda.

“Ini yang kemudian kami lihat sebagai tantangan sekaligus peluang dan Jogjabike menjawabnya dengan cara rebranding di ulang tahun kedua ini,” tuturnya.

Wisata bersepeda Jogjabike ke obyek wisata dengan melewati kampung-kampung atau sawah itu, lanjut dia, akan dikemas sebagai paket-paket wisata karena Yogya kaya obyek wisata, kampung unik dan juga persawahan.

Di kesempatan yang sama, Triyanto, Komisaris Utama Jogjabike mengatakan, cara baru berwisata di era pandemi adalah tawaran yang menarik di masa pandemi ini.

“Semoga bisa mengangkat kampung-kampung wisata sekaligus membantu mendatangkan wisatawan ke Jogja. Kami harap pariwisata Kota Yogya tetap bisa menjawab tantangan jaman,” katanya. wid

#jogjabike #kotayogyakarta #wisata

Posting Terkait