Hadirkan Rancangan Cakradahana, Ini Kreasi Gres Lia Afif Hasil Padu Padan Batik Gringsing Pamekasan, Lurik, dan Lace

239 views
Desainer Lia Afif menghadirkan karya Cakradahana di panggung East Java Fashion Harmony, Sabtu (14/11/2020).

iniSURABAYA.com – Tak pernah berhenti mengeksplorasi wastra Nusantara. Dan yang kali ini dihasilkan dari tangan kreatif Lia Afif adalah busana dengan bahan batik motif gringsing dari Pamekasan.

Selain batik Pamekasan, desainer asal Jombang ini juga melengkapinya dengan bahan lurik dan lace. “Bagian tersulitnya adalah padu padankan motif-motif yang berbeda. Untuk pengerjaan ini total selesai dalam dua bulan,” ungkap Lia Afif kepada iniSurabaya.com, Sabtu (7/11/2020).

Lima rancangan gres Lia Afif ini akan diperagakan di momen spesial ‘East Java Fashion Harmony’, di Villa Solong, Banyuwangi, Sabtu (14/11/2020). Cakradahana menjadi tema sentral karya Lia Afif kali ini.  

Menurut Lia, Cakradahana diambil dari bahasa Sanskerta. “Cakra artinya roda atau pusat, dan kata Dahana berarti api. Harapannya, tentu semoga koleksi ini menjadi pusat perhatian penikmat fashion,” cetusnya.

Wajar bila Lia mengambil tajuk Cakradahana untuk rancangannya tersebut. Sebab, busana-busana yang bisa digunakan untuk segala suasana itu memadupadankan warna-warna menyolok, seperti oranye, navy blue, nude, dan kuning.

“Padu padan warna dan motif ini saya harap bisa menarik perhatian siapa pun, tak hanya mereka yang akan mengenakan, tetapi tentunya yang melihat saat busana ini dipakai,” paparnya.

Kreasi ini juga kian menarik karena memainkan kombinasi geometris, garis, dan bidang dengan aksen rangkaian mata-mata etnik khas Lia Afif. “Perpaduan ini tentunya juga agar saat dipakai menimbulkan kesan kuat dan unik,” imbuhnya.

Dari lima outfit yang disajikan di panggung ‘East Java Fashion Harmony’, Lia Afif menyuguhkan siluet A, dalam bentuk busana gaun maupun setelan palaso yang dapat digunakan di setiap kesempatan.

 Lia Afif yang pernah berkeliling Eropa dengan membawa desain busana muslimnya ini mengungkapkan rasa syukurnya lantaran karyanya itu sudah banyak yang memesan.

“Beberapa koleksi malah sudah diinden. Tetapi baru bisa saya lepas setelah even (di East Java Fashion Harmony) nantinya,” tegasnya.

 ‘East Java Fashion Harmony’ II 2020 ini akan dihadiri Rr Ayu Maulida, Puteri Indonesia 2020 sebagai bintang tamu. Dalam pelaksanaannya nanti, juga disajikan seni tradisional Tari Pesona Gringsing yang dikemas penata tari, Subari Sofyan dan penata musik, Moch Pungky.

Selain rancangan Lia Afif, para desainer Jawa Timur yang bakal pamer karya mereka adalah Embran Nawawi, Denny Djoewardi, Yussi Martha, Zakiyah Fitri, Isyam Syamsi, Riris Ghofir, Elly Virgowati, Lilik Sulamdari, Yayuk Nurmaisyah, dan Listya Dyah Rahayu.

“Agenda ini tentu sangat membantu, tidak hanya para desainer, tetapi juga perajin batik di tengah kondisi yang masih belum menentu,” pungkasnya. dit

#banyuwangi #cakradahana #eastjavafashionharmony #fashiondesigner #liaafif

Posting Terkait