Keluar Dana Rp 3,3 Triliun untuk Akuisisi Megaphone, Ternyata Ini Target Spotify

102 views
ILUSTRASI : Spotify

iniSURABAYA.com – Penyedia layanan pengaliran Spotify mengakuisisi perusahaan podcast asal Amerika Serikat, Megaphone.

Seperti dikutip melalui The Verge, nilai akuisisi Spotify atas Megaphone mencapai angka US$236 juta (sekitar Rp 3,3 triliun). Akuisisi ini menambah daftar panjang langkah Spotify untuk membentangkan sayap bisnisnya.

Perusahaan asal Swedia itu telah mengakuisisi sejumlah perusahaan lainnya, seperti Anchor senilai US$ 140 juta (sekitar Rp 1,9 triliun) yang meningkatkan minat podcast secara global. https://lenteratoday.com

Selain itu, terdapat juga Gimlet Media dengan nilai yang mencapai US$200 juta (sekitar Rp 2,8 triliun), Parcast US$56 juta (sekitar Rp 78 miliar), dan The Joe Rogan Experience dengan nilai lebih dari US$100 juta (sekitar Rp 1,4 triliun).

Langkah akuisisi tersebut dilakukan Spotify untuk mendongkrak pemasukan iklan lewat podcast. Kesepakatan ini tidak memengaruhi podcast yang sudah ada di Spotify yang beberapa di antaranya juga tersedia di platform Megaphone.

Lewat akuisisi ini, akan lebih banyak podcast di Megaphone yang bisa menggunakan mesin penyisip iklan baru milik Spotify yang diberi nama Streaming Ad Insertion (SAI).

SAI berfungsi seperti mesin iklan podcast yang menargetkan iklan yang tepat ke pengguna, melalui algoritma agar sesuai kebiasaan pendengar podcast tersebut.

Selanjutnya, SAI menargetkan iklan secara waktu nyata kepada pengguna berdasarkan personalisasi pengguna, yakni terkait lokasi, tipe perangkat yang digunakan, usia, dan sebagainya. dit

#megaphone #podcast #spotify

Posting Terkait