Mengerikan! Efek Negatif Kesepian Bisa Berujung Kematian, Yuk Simak Cara Hindari Kesendirian

168 views
ILUSTRASI : Kesepian dan kesendirian

iniSURABAYA.com – Pernah merasa sendiri dan kesepian? Rasa tidak nyaman itu bisa jadi sekarang makin akrab –khususnya bagi para wanita— seiring dengan social distancing dan physical distancing.

Padahal kesepian bisa memberi efek negatif pada kesehatan, dan bahkan bisa menyebabkan kematian dini! Wah, ngeri juga ya.

Maka hindari rasa tidak nyaman itu menyekap diri. Karena di luar sana juga ada wanita yang sering merasa kesepian akibat sejumlah permasalahan yang mungkin lebih berat dari yang kamu rasakan.
Dikutip dari heart.bmj.com, sebuah penelitian pada tahun 2016 menemukan bahwa risiko kesepian dan isolasi sosial sama dengan risiko kesehatan dari obesitas parah.

Buat kamu yang sering merasa kesepian khususnya di usia 20an, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Miliki hewan peliharaan
Memiliki hewan peliharaan bisa memberi kita dukungan sosial dan pertemanan. Bermain dan berinteraksi dengan hewan kesayangan seperti kucing misalnya bisa memberi efek rileks. Kesehatan mental kita pun bisa lebih stabil.
2. Puasa main media sosial untuk sementara
Coba luangkan waktu beberapa jam untuk “puasa” main media sosial. Khususnya bila penyebab kesepianmu itu karena kamu merasa orang-orang di media sosial tampak lebih bahagia darimu. Atau ada hal-hal yang cukup sensitif yang sering membuatmu makin tertekan bila melihat akun media sosial teman-temanmu.
3. Luangkan waktu khusus untuk me-time
Nah, kadang dengan meluangkan waktu memanjakan diri bisa jadi cara ampuh untuk mengatasi kesepian. Mungkin pergi ke salon atau sekadar duduk cantik di kafe favorit sambil baca buku bisa jadi cara sederhana untuk mengatasi perasaan sepi. Berdamai dengan perasaan sepi kadang justru jadi cara ampuh untuk mengatasi kesepian itu sendiri. Cobain deh.

4. Curhat ke orang yang benar-benar bisa kamu percaya
Bagi wanita, curhat bisa jadi cara ampuh untuk meringankan tekanan dan beban di dalam dada. Coba cari teman atau seorang yang benar-benar bisa kamu percaya. Curahkan semua isi hatimu kepadanya. Punya teman curhat bisa jadi cara yang paling manjur untuk mengatasi kesepian.
5. Buat tantangan baru di hidupmu
Tantangan ini bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa tantangan di bidang karier atau pada sesuatu yang sedang kamu geluti (hobi). Buat lompatan baru yang bisa membuatmu semangat.
Ciptakan target baru untuk didapat dalam kurun waktu tertentu, ladies. Dengan punya semangat dan harapan baru seperti ini, kamu bahkan bisa ‘lupa’ dengan rasa kesepian yang kamu alami.
Kamu bisa pilih cara yang menurutmu paling mudah dan nyaman untuk dilakukan. Kesepian memang bagian dari hidup kita, tapi jangan sampai seluruh waktu dan hidup kita habis dimakan rasa sepi itu.
Hidup cuma sekali, ciptakan banyak warna baru di dalamnya mumpung masih ada kesempatan. wid/dbs

#kesehatan #kesepian

Posting Terkait