Alumni Smanisda Gelar Silaturahmi dan Sharing Bisnis Entrepreneur, Direktur Hubungan Antarlembaga Kemenparekraf Juga Hadir

566 views
Lulusan SMAN 1 Sidoarjo (Smanisda) dari angkatan 1967 sampai 2018 menggelar Silaturahmi dan Sharing Bisnis Entrepreneur di Sawunggaling Sport Center (SSC), Sidoarjo.

iniSURABAYA.com | SIDOARJO – Reuni yang manfaat memang tak hanya bertemu dan ngobrol tanpa arah. Saat menggelar reuni akbar pada Sabtu (5/12/2020), lulusan SMA Negeri 1 Sidoarjo (Smanisda) malah merasa senang lantaran dapat ‘sangu’ dari teman-teman mereka yang sudah meraih sukses.

Setidaknya, ‘sangu’ itu berupa wawasan yang dibagikan selama agenda reuni yang mereka gelar di di Sawunggaling Sport Center (SSC), Sidoarjo.

Kartika Candra Negara misalnya. Alumnus Smanisda 1988 yang kini adalah Direktur Hubungan Antarlembaga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap teman-temannya yang bergerak di bidang UMKM bisa memanfaatkan peluang dengan baik.

“Berdasar data sampai hari ini terdapat 65 juta UMKM, dan 90 persen memiliki omzet kurang dari Rp 50 juta per-bulan,” ungkapnya.

Chandra juga memaparkan di bidang ekonomi kreatif saat ini terdata 17 juta. “95 persen diantaranya adalah pelaku UMKM,” imbuhnya.

Chandra tak menepis bahwa pandemi Covid-19 membuat banyak pelaku UMKM terpaksa gulung tikar. “Tercatat 50 persen yang gagal, tetapi jangan patah semangat. Ayo bangkit lagi,” begitu tuturnya memberi motivasi.  

Optimisme Chandra bukan tanpa alasan. Chandra menegaskan bahwa UMKM bukan hanya tulang punggung untuk mengganjal keterpurukan ekonomi. “Tetapi juga sangat bermanfaat untuk percepatan pertumbuhan ekonomi,” tandasnya.

Disebutkan pula bahwa pemerintah menyediakan sejumlah fasilitas melalui kementerian terkait bagi UMKM, diantaranya adalah untuk pemulihan ekonomi, permodalan, keringanan bunga pinjaman, serta keringanan pajak.   

“Semoga nantinya kita bisa tindak lanjuti dengan pembuatan silabuds dan kurikulum pelatihan-pelatihan, juga mendukung ekonomi kreatif di Sidoarjo agar bisa untuk go internasional (ekspor),” begitu harap Chandra. 

Sementara Rulan Kis Riarto, alumnus Smanisda 1998 yang juga founder Entrepreneur Smanisda menyatakan agar para alumni tetap menjaga silaturahmi. “Kita bersama-sama memajukan usaha para alumnus yang memiliki beragam produk dan jasa serta jejaring,” cetusnya.

Gelar Silaturahmi dan Sharing Bisnis Entrepreneur tersebut dihadiri lulusan Smanisda dari angkatan 1967 sampai 2018. “Secara keseluruhan ditambah tim bazaar totalnya 125 orang,” papar Moch Arifin, alumnus SMAN 1 Sidoarjo angkatan 1991 yang juga bertindak selaku Ketua Panitia Acara tersebut. dit

#reuni #smanisda #umkm

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)