Dekranasda Jatim Gelar 3D Printing Competition, Arumi Bachsin: Saatnya Bangga Beli Produk Indonesia

387 views
Arumi Bachsin, Ketua Dekranasda Jatim (dua dari kiri) tampil sebagai narasumber acara talkshow yang diselenggarakan dalam rangkaian 3 D Printing Competition.

iniSURABAYA.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur kembali menggelar 3D Printing Competition.

Terpilih tiga pemenang dan satu juara favorit yang mendapatkan hadiah total senilai Rp 25,5 juta. Faizal Rezky Dhafin terpilih sebagai Juara 1 atas karyanya Reog Chess.

Di posisi kedua ada tim Gabudd Malang dengan karya Malang Heritage Planter, dan tempat ketiga diisi Dinda Khairunissa dengan karya Bajradaka.  

Setelah melalui sejumlah tahapan dari pendaftaran, seleksi, hingga asistensi pembuatan produk, puncak acara awarding digelar di Visma Coffee, Art & Co-Working Space, Surabaya, Sabtu (19/12) sore.  

Tema kompetisi tahun ini adalah East Java in Your Home dengan sub kategori Home Decor. Hadir mewakili Gubernur Jatim adalah Benny Sampirwanto, Kepala Dinas Kominfo Jatim.

Sebelum pengumuman pemenang diadakan talkshow yang menghadirkan Arumi Bachsin, Ketua Dekranasda Jatim sebagai pembicara bersama Ficky, crafter home decor dari Batu, dan Christie Erin Harsono, co-founder Basha Market.

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2020/12/reog-chess-antarkan-faizal-rezky-dhafin-jadi-juara-bertahan-3d-printing-competition/

Di sesi ini Arumi menekankan pentingnya kolaborasi bagi Dekranasda untuk memajukan dunia UKM kerajinan Jawa Timur. “Begitu pandemi datang, ibu gubernur langsung menginstruksikan Dekranasda untuk melakukan literasi digital kepada para pelaku UKM maupun IKM,” kata Arumi.

Istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak ini menambahkan,”Sebetulnya ini sudah harga mati di masa ini. Tanpa ada pandemi pun, mestinya sudah harus melek digital. Hanya pandemi ini memaksa kita untuk mempercepat proses. Mau tidak mau harus beradaptasi.”  

Arumi juga mengingatkan dengan kemudahan bertransaksi secara daring, maka tuntutannya saat ini adalah harus bisa menjadi smart buyer dan smart seller.

“Kondisi pandemi ini juga saatnya mengaplikasikan nasionalisme kita. Proud to be Indonesian, proud to use Indonesia products. Satu rupiah yang Anda keluarkan untuk membeli produk lokal bisa menjadi penyambung nyawa untuk usaha itu,” kata Arumi. dit

#3dprintingcompetition #arumibachsin #dekranasdajatim

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)