Mau Lanjut ke PTN? Sebaiknya Pilih 1 atau 2 Prodi? Simak Petunjuk dari LTMPT Berikut Agar Bisa Lolos SNMPTN

382 views
ILUSTRASI : Tes SNMPTN sudah di depan mata. Untuk itu bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN diharapkan mempersiapkan diri dengan benar termasuk program studi yang diinginkan.

iniSURABAYA.com – Bagi siswa yang berniat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 sebaiknya menyimak saran dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini.  

Budi Widyobroto, Ketua Pelaksana LTMPT mengingkatkan agar peserta SNMPTN 2021 lebih teliti kembali memutuskan berbagai macam jurusan yang akan dipilihnya untuk masuk PTN.  

LTMPT menganjurkan agar siswa tak memilih lintas program studi (prodi) dalam SNMPTN mendatang. Sebab, ada sejumlah kebijakan baru yang dilakukan dalam SNMPTN tahun depan.  

Budi mengungkapkan, pada prinsipnya setiap siswa bisa memilih dua prodi, baik itu prodi yang ada di satu PTN, atau dua PTN.  

“Tapi ada catatannya khusus SNMPTN, jika memilih dua prodi, maka salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA atau SMK (sekolah asal),” kata Budi dalam sosialisasi daring seleksi masuk PTN 2021, Sabtu (12/12/2020).

Budi kemudian mencontohkan, jika siswa tersebut berasal dari Makassar, maka harus mengambil salah satu prodi pada perguruan tinggi yang ada di Makassar. begitu pula dengan siswa yang berasal dari daerah lain.  

Dalam kaitan itu pula, dia menekankan agar para guru betul-betul bisa memberi info yang benar kepada anak didik atau siswany. “Karena ada kebijakan ini,” tandasnya. 

Ditambahkan pula, bagi siswa yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN, tidak diizinkan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer/Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Karena itu dia menganjurkan agar siswa betul-betul memilih jurusan yang memang benar-benar diminati saat SNMPTN.

“Artinya, harus pilihan satu atau pilihan dua (prodi) yang sama-sama disenangi. Kalau senangnya hanya satu, ya sudah satu saja,” begitu pesannya. mg2

#lembagatesmasukperguruantinggi #perguruantingginegeri #seleksinasionalmasukperguruantingginegeri #SNMPTN

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)