Peresmian Jembatan Joyoboyo Mundur Maret 2021, Ternyata Ini Penyebabnya

547 views
Pengerjaan Jembatan Joyoboyo sudah memasuki tahap akhir. Tetapi baru bisa diresmikan pada Maret 2021.

iniSURABAYA.com – Keinginan warga Kota Surabaya untuk segera menikmati Jembatan Joyoboyo tampaknya harus diredam dulu. Pasalnya, jembatan dengan panjang 150 meter dan lebar 17 meter ini baru bisa diresmikan pada Maret 2021.

Semula peresmian jembatan tersebut dijadwalkan bulan Desember 2020. Mundurnya peresmian Jembatan Joyoboyo ini karena masih belum mendapat uji kelayakan dari Institusi Teknologi Surabaya (ITS).

Erna Purnawati, Kepala Dinas PU Bina Marga Kota Surabaya menyatakan, pengerjaannya tinggal menunggu tahap penyelesaian akhir. “Pengerjaan Jembatan Joyoboyo sudah mencapai 99 persen,” tandasnya.

Erna menambahkan,“Secara fungsi sudah oke. Tetapi layak dipakai atau belum, kan belum dilakukan tes oleh ITS. ITS-nya kan masih lockdown.”  

Baktiono, Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya pun menandaskan pentingnya uji kelayakan dari ITS.

“Uji kelayakan atau tes itu perlu ditindaklanjuti. Termasuk sekat jalan yang sambungan itu tidak boleh terlalu landai dan harus selaras agar kendaraan yang lewat nanti tidak berbahaya,” cetusnya.

Baktiono juga berharap agar Dinas PU Bina Marga lebih detil melihat beberapa bagian Jembatan Joyoboyo yang perlu dilakukan finishing sebelum akhirnya digunakan masyarakat.

Politisi dari PDIP ini lalu menunjuk bagian yang perlu diperhatikan adalah tangga jembatan yang belum presisi, serta trotoar yang nampak terlalu sempit. Juga ada taman sekitar jembatan harus diperbaiki, dan bagian bawah jembatan yang belum ditutup.

“Diperkirakan tidak mungkin selesai pada bulan Desember 2020. Yang disampaikan oleh kontraktor atau rekanan, dia akan menyelesaikan pada Maret 2021,” papar Baktiono.  

Sebagaimana diketahui, Pemkot Surabaya mengalokasikan dana sebesar Rp 39 miliar untuk pengerjaan Jembatan Joyoboyo yang diambil dari APBD.

Jembatan Joyoboyo ini didesain langsung oleh Tri Rismaharini yang waktu itu masih menjabat Wali Kota Surabaya. Menurut Risma, desain setiap jembatan memang dibuat berbeda, selain untuk infrastruktur, jembatan juga bisa dijadikan tempat wisata.

“Jembatan Joyoboyo ini nanti menjadi ikon baru di Kota Surabaya. Nanti bisa melihat keindahan Surabaya dari jembatan ini,” ujar Risma saat itu. dit

#jembatanjoyoboyo #pemkotsurabaya #trirismaharini

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)