Bosan PSBB Lagi? 5 Kegiatan Low Budget Ini Bisa Bikin Tetap Produktif di Masa Pandemi

756 views

iniSURABAYA.com – Masih ingat tren minuman Dalgona? Tren ini muncul saat pertama kali pemerintah Indonesia menginstruksikan PSBB kepada sejumlah wilayah di Indonesia.

TikTok dengan lagu Play Date yang tiba-tiba hits juga semakin melengkapi masa-masa PSBB ala milenial. Lagu dengan nada easy listening ditemani segarnya dalgona memang pas, seolah-olah pandemi hanya mimpi buruk.

Kini pandemi tidak hanya sekedar mimpi buruk, namun benar-benar buruk. Apalagi pemerintah Indonesia memutuskan untuk menerapkan PSBB lagi.

Work from home yang dulu disambut gegap gempita karena bisa kerja sambil makan di rumah, kini terasa menjemukan. Pembelajaran daring dengan segudang masalah sinyalnya yang dulu dimaklumi, kini jadi alasan untuk skip kelas.

Tetapi tunggu dulu! Daripada buru-buru menyalahkan keadaan yang mungkin tidak akan kembali normal dalam waktu dekat, baiknya kita semua berlapang dada menerima keadaan sembari menyesuaikan diri dengan kehidupan new normal serta melakukan lima kegiatan low budget bermanfaat berikut yang bisa membunuh rasa  bosanmu.

Yuk kita simak!

1.  Berlatih menyanyi
Menyanyi atau bersenandung menjadi salah satu naluri manusia sejak zaman dulu kala. Selain menjadi bagian dari komunikasi, menyanyi terbukti dapat menurunkan hormon kortisol dan hormon stres dalam tubuh.

Aktivitas menyanyi bisa bikin otot yang tegang jadi rileks karena peredaran darah lancar. Hanya berbekal YouTube atau aplikasi musik seperti Joox dan Spotify, kamu bisa mulai menyanyikan lagu favoritmu.

Jangan lupa earphone handsfree-mu juga harus mendukung agar musik yang kamu dengar semerdu aslinya.

Tenang, kamu tidak perlu merogoh gocek dalam-dalam untuk mendapat earphone handsfree yang pas agar bisa mendengar musik favorit. Dengan harga di bawah Rp 50.000, JY-111 atau Headset Stereo Rainbow 02 yang keduanya produk dari Inbox Indonesia earphone sudah bisa kamu dapatkan.

2. Berinteraksi dengan orang lain
Curhat dengan orang terdekat lewat telepon atau video call memang ampuh untuk mengurangi kecemasan. Tetapi bertanya tentang saham kepada kawan dekat yang sudah mahir juga ide bagus untuk membuat interaksimu lebih hidup sekaligus membuka wawasan lebih luas.

Manfaat semacam ini juga bisa kamu temui ketika mengikuti kelas atau program pembinaan yang sesuai passion-mu. Apalagi sejak pandemi banyak kelas daring dengan berbagai topik bermunculan.

Kelas semacam ini memberikan kesempatan berinteraksi dengan orang baru sembari belajar meningkatkan komunikasi lebih efektif. Program GAIBR (Gold Acc Indonesia Business Representative) misalnya, yang dapat kamu temui di situs resmi goldaccindonesia.com/GAIBR, alih-alih menjadikanmu sebagai seorang dropshipper dengan target ketat, program tersebut malah berfokus membinamu dalam bidang sales dan marketing lewat kelas daring yang menyenangkan, bahkan memberikanmu uang saku jika kamu bisa mempraktikkan kemampuan interaksi dan komunikasi dengan klien.

Program seperti itu memastikan interaksimu dengan orang lain jadi tidak sia-sia.   

3. Olahraga ringan tetapi konsisten
Olahraga punya banyak manfaat, tentu sudah banyak orang tahu dan memahami. Olahraga tak hanya bikin sehat, tetapi juga bahagia.

Namun banyak milenial melupakan rumus utama dari olahraga, yaitu konsisten.

Kamu bebas olahraga karena ingin sehat atau karena ingin membentuk badan. Namun kamu wajib melakukannya dengan sabar dan penuh ketekunan. Tubuhmu yang terbiasa rebahan perlu waktu untuk menyesuaikan dengan ritme fisik yang tiba-tiba berbeda.

Dan aktivitas berolahraga sambil menikmati musik tentu makin menyenangkan.  Sekarang banyak banget wireless headset yang bisa tetap kamu pakai jungkir balik tanpa khawatir kabelnya bikin ribet, misalnya Cooper Wireless Headset produk dari Inbox Indonesia yang sudah menggunakan teknologi Bluetooth 5.1. Suaranya mantap tanpa gangguan.

4. Mengedit tampilan karya di media sosial
Sempat merekam video saat berlatih menyanyi atau mengambil beberapa foto manis saat olahraga virtual bersama temanmu? Kini saatnya membagikan energi positif itu ke media sosialmu.

Tetapi jangan buru-buru mengunggahnya ke Instagram. Stop with basic! Edit videomu. Kamu mungkin mengira ini hal yang biasa. Namun melatih diri menggunakan warna, garis dan lengkungan lewat media kertas maupun secara daring dapat membuat otakmu menjadi lebih kreatif.

Tidak perlu menjadi pelukis terkenal agar bisa disebut kreatif. Kamu bisa  memulainya sekarang dengan mengedit karyamu menggunakan aplikasi InShot untuk video dan VSCO untuk foto.

Keduanya menyediakan banyak sekali fitur gratis untuk melatih kreativitasmu dan menambah estetika postinganmu. Jika terlalu repot mengunduh aplikasi itu, kamu bahkan bisa menggunakan fitur bawaan dari Instagram sendiri.

Jangan ragu menambahkan garis dan polkadot pada karyamu atau menyesuaikan warnanya seperti yang kamu mau dan cobalah berpikir out of the box.  Lalu unggah! Postingan pertama mungkin biasa saja. Namun yang kedua dan ketiga pasti jauh lebih baik.

Tidak perlu risau berapa banyak yang menyukai postinganmu. Lakukan itu untuk membuat dirimu sendiri senang saja.

5. Memasak camilan atau minuman
Tidak ada salahnya mem-booming-kan lagi tren memasak saat PSBB. Memasak terbukti dapat meningkatkan kreativitasmu serta ampuh untuk mengurangi stres dan membuat bahagia.

Kamu juga bisa menciptakan tren memasak masakan lain dengan harga yang juga terjangkau, misalnya membuat tempe krispi hangat yang sangat nikmat dimakan saat hujan.

Kamu juga bisa memilih memasak camilan alternatif rendah minyak, misalnya membuat baso aci sendiri yang dijamin gampang. Kamu bisa menambahkan bahan baku lainnya, seperti tahu dan sosis.

Belum tahu cara membuat tempe krispi atau bakso aci? Buka saja YouTube dan cari tutorial membuat menu-menu tersebut yang paling mudah.

Jangan lupa letakkan smartphone atau tablet di holder stand agar tidak jatuh, sehingga kamu bisa bebas mengikuti tutorial YouTube tanpa perlu risau posisi gadgetmu.

Berbicara soal holder stand, holder stand HS-2 ataupun HS-3 produk Inbox Indonesia juga sangat kokoh untuk menyangga gadgetmu. Produk tersebut terbuat dari aluminium, bahan yang dari dulu terkenal ringan namun kuat. Desainnya argonomis, derajat kemiringannya juga mudah disesuaikan, kurang apa lagi coba? Yuk mulai memasak. ana/adv

#goldaccindonesia #pandemi #PSBB

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)